Lontong Balap Khas Surabaya
Lontong Balap Khas Surabaya

Lontong Balap Khas Surabaya

Lontong Balap Khas Surabaya, Rekomendasi Tempat dan Resep Lontong Balap

Lontong Balap Khas SurabayaSurabaya selalu dikenal sebagai tempat dengan cita rasa asin yang unik. Makanan legendaris seperti Semanggi, Rujak Cingur, Tahu Campur dan Lontong Kikil terkenal dengan rasanya yang lezat. Omong-omong, Surabaya punya masakan Lontong Balap, yang tak hanya enak tapi juga baik untuk kesehatan.

Ada cerita di balik nama Lontong Balap. Dahulu kala, Lontong Balap dijual di Kemaron, sejenis periuk tanah liat berukuran besar, lalu dibakar. kebanyakan penjual jaman dahulu menjual dengan cara di pikul atau di dorong dengan gerobak. Para penjual ini berjalan dengan sangat cepat untuk memperebutkan pembeli,dan pasar wonokromo adalah tujuan akhir dari para penjual ini. jadi pemandangan penjual berjalan cepat dan seolah olah sedang “adu balap” antar sesama pedagang (dalam bahasa Jawa artinya balapan). dari sinilah lahir nama “Lontong Balap”.

Bahan Membuat Lontong Balap

Lontong Balap terdiri dari lontong, tahu goreng, lento, tauge dan bawang goreng. Lento adalah kacang merah yang dicampur dengan bumbu pilihan, digulung dan digoreng. Saat disajikan, itu dibentuk dengan tangan atau di iris. Tauge direbus dalam sup yang dimasak dengan bawang merah, bawang putih, merica dan rempah-rempah lainnya. Tauge dimasak sampai setengah matang, lalu ditaburi irisan seledri.

Hidangkan ini tersaji dengan irisan tahu, irisan kremes/lento, dan setumpuk tauge, taburi sedikit kuah, kecap manis, dan bawang goreng. Teksturnya yang segar saat disantap mengandung kerenyahan dan gurih dengan sup yang harum, manis dan segar.

saat ini penjual jarang sekali memasak lontong balap dengan kemaron. Sebagian besar dimasak dalam panci besar karena alasan yang lebih praktis dan ringan. ya saat dimasak memakai kemaron, selain menyehatkan maaskan ini juga menghasilkan cita rasa yang istimewa. Dan jika ditambah dengan dimasak di atas tungku kayu, rasanya sedap maknyusss. Oleh karena itu, hidangan ini memiliki tekstur rasa “kayu” yang “khas”.

Info Lainnya :  Tahu Campur Khas Surabaya!

Pelengkap Tambahan untuk Lontong Balap

uniknya kurang pas kalo menyantap lontong balap tanpa sate kerang. Orang bilang Sate kerang adalah “sahabat” Lontong Balap. jika anda menyantap lontong balap jangan lupa juga tambahan topping sate kerang sebagai pelengkapnya. Kerang kecil ini dimasak dengan bumbu dan dimasak lalu disajikan dengan tusuk sate. Teksturnya kenyal. Sajikan di piring dengan petis yang dicampur dengan kecap. Rasanya sangat enak, pedas dan manis.

campuran sambal lontong balap sendiri terbuat dari sambal dan petis. Berbeda dengan tekstur sambal Petis nasi krawu yang pedas (rasa Petis sangat tajam dan pedas). Lontong Balap sambal petisnya memiliki tekstur tipis dan tidak pedas. memang disajikan tidak terlalu pedas untuk lontong balap karena lontong balap sendiri memiliki rasa yang segar, gurih dan manis. Sementara itu, lupakan diet Anda!

Manfaat Lontong Balap Bagi Tubuh

Bahkan jika Anda sedang diet, Anda tidak harus menghindarinya. Lontong Balap banyak mengandung manfaat dan serat pada bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Tahu terbuat dari kedelai dan merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk kesehatan. Tahu juga dapat menurunkan risiko kanker, anemia, osteoporosis, dan menurunkan kolesterol, yang juga bermanfaat bagi penderita asam urat.

Tauge juga memiliki segudang manfaat. Meningkatkan kekebalan tubuh. Ini membantu mencegah anemia, membantu membangun otot, dan mengandung serat makanan, yang baik untuk pencernaan. Tauge juga mengandung vitamin A, E, dan B kompleks. Lebih penting lagi, tauge dapat meningkatkan kesuburan. Oleh karena itu, jika Anda baru menikah dan ingin memiliki momongan lebih awal, sebaiknya banyak makan tauge atau banyak lontong balap dalam proses “produksi”.

Info Lainnya :  Tahu Telur Khas Surabaya, Rekomendasi Tempat Kuliner

Rekomendasi Tempat Lontong Balap Yang Enak

Di kota surabaya sendiri banyak sekali penjual lontong balap, apalagi sudah dimulai dari tahun 1900’an, dan selalu dikelilingi pembeli artinya laku berat. Nah, untuk tempatnya dimana sih tempat yang enak buat makan lontong balap di surabaya? nih tempatnya Lontong balap Rajawali di Jl. Krembangan Utara, menuju ke arah Jembatan Merah. Yang lainnya adalah Lontong Balap pak gendut, dulunya lontong Balap pak gendut di wilayah Wonkoromo, tapi sekarang pinda di Dr. Moestopo. Yang membuat Lontong Balap Pak Gendut menonjol adalah Lentho yang krenyes dan sangat renyah. Meski direndam dalam kuah, teksturnya tetap renyah.

Tapi bagaimana jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke Surabaya? Jangan khawatir, medialogi.net akan mengajarkan cara membuat  lontong balap ala Surabaya di rumah!

Cara Membuat Lontong balap Surabaya

Lontong, makanan khas Indonesia, biasanya suka dipadu dengan makanan lain seperti tahu, taoge, sop, kecap manis, kerupuk, dan makanan pelengkap lainnya seperti makanan khas Surabaya ini. Rasa lontong Balap Surabaya ini sangat enak dan cocok dijadikan sebagai makanan untuk menopang perut anda saat lapar. Seperti yang Anda ketahui, membuat lontong balap ini ternyata cukup mudah di rumah. Anda tinggal menyediakan bahannya dan Anda pun siap membuatnya di rumah. Berikut ini adalah resep cara membuat lontong khas surabaya.

Bahan Lontong Balap

  • 4 Lontong (500g), iris tebal
  • 8 tahu, goreng dan iris tipis
  • 8 lento goreng
  • Tauge 200 gram
  • Kecap Manis secukupnya

Bahan untuk Kuah Lontong Balap:

  • 1 1/2 liter air untuk membuat kuah
  • 250 gram daging sapi dengan lemak
  • Daun bawang 50g, iris
  • 3 sendok makan minyak goreng, untuk tumisan
Info Lainnya :  Nasi Grombyang Pemalang Makanan Khas Yang Wajiib Dicoba

Bumbu pelengkap yang dihaluskan:

  • 6 buah bawang bombay
  • 3 buah bawang putih
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • Garam secukupnya

Bahan Membuat Lentho:

  • Rebus 75 gram kacang tolo sampai empuk, giling 3/4 bagian dan biarkan 1/4 bagian apa adanya
  • 1 butir telur ayam, putihnya saja
  • 1/2 sendok teh kecap manis
  • Minyak goreng untuk gorengan

Bumbu yang dihaluskan:

  • 3 buah bawang putih
  • 5 cabai rawit
  • 1cm Kencur segar
  • Sepotong daun jeruk
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Lontong Balap Khas surabaya:

  • Setelah air mendidih, rebus daging sapi yang berlemak sampai empuk, lalu keluarkan daging dari wajan, potong kecil-kecil dan sisihkan.
  • Ambil 1 liter air mendidih untuk daging dan simpan terlebih dahulu.
  • Panaskan minyak dalam wajan lalu tumis bumbu halus dan daun yang sudah dicincang sampai matang.
  • Masukkan kuah ke dalamnya dan didihkan, tambahkan sepotong daging, tambahkan kecap manis dan bumbu yang sudah dihaluskan dan di tumis, aduk rata dan masak hingga mendidih.
  • Masukkan kecambah, lalu rendam hingga setengah matang, lalu angkat kecambah untuk ditiriskan dan sisihkan.

Cara membuat Lentho:

masukkan bahan kacang yang sudah dihaluskan dalam mangkuk, campur semua bahan, aduk hingga merata, lalu bentuk menjadi bulat pipih kecil dan goreng hingga matang dan garing.

Penyajian Lontong Balap:

Tata semua tahu, taoge, tahu tumis, dan tahu goreng, tuang kuah sop daging yang sudah dibumbui. Tambahkan topping seperti kerupuk, kecap manis dan sambal sebagai pelengkapnya.

Nah, Gimana cukup mudah bukan? Anda bisa mencoba membuatnya di rumah sesuai selera anda, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga: Makanan Khas Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.