Macam-Macam Gaya Renang
Macam-Macam Gaya Renang

Macam-Macam Gaya Renang, Manfaat dan Kegunaanya

Macam-Macam Gaya Renang, Manfaat dan Kegunaanya

Macam-Macam Gaya Renang – Mempelajari cara berenang adalah salah satu keterampilan yang paling bermanfaat untuk alasan kesehatan dan keselamatan. Namun, itu saja tidak cukup untuk menangani air dalam berbagai situasi. Misalnya, kompetisi membutuhkan gaya renang yang berbeda, seperti halnya arus air. Jika Anda terbatas hanya pada satu gaya renang, Anda mungkin dirugikan.

Macam-Macam Gaya Renang yang dikenal melingkupi gaya bebas, gaya punggung, gaya dada, gaya samping, kupu-kupu, elementary backstroke, combat sidestroke, the trudgen, sculling dan treading. Gaya renang ini berbeda dalam gerakan tubuh, otot tubuh yang digunakan, kecepatan gerakan, dan banyak aspek lainnya. Yang terpenting, mereka memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan waktu digunakan pun berbeda dalam situasi berbeda pula.

Jika Anda baru mulai belajar berenang, mulailah dengan merangkak atau gaya bebas yang paling sederhana. Setelah menguasai ini, Anda dapat beralih ke variasi yang berbeda. Dengan pernapasan dan gerakan tubuh yang lebih baik, Anda dapat dengan cepat beralih dari satu gaya ke gaya lainnya.

Di bawah ini adalah daftar Macam-Macam Gaya Renang yang paling umum dan namanya.

Gaya bebas

Macam-Macam Gaya Renang
Gaya Bebas

Merangkak atau Gaya Bebas adalah cara termudah dan tercepat untuk berenang. Ini adalah metode berenang standar, mengingat kebanyakan orang mulai belajar berenang melaluinya. Ini membutuhkan kayuhan sederhana pada kedua tangan dan kaki sehingga tubuh rata dan menghadap ke bawah. Gaya gerakan ini selalu maju kedepan.

Bagian tersulit dari gaya ini adalah mengatur waktu napas dengan setiap kayuhan. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan menghembuskan napas melalui hidung dengan wajah menghadap ke bawah. Ketika bagian wajah keluar dari air, anda menghirup udara melalui mulut anda.

Selengkapnya: Metode Gaya Renang Bebas

Gaya dada

Macam-Macam Gaya Renang
Ilustrasi Gaya Dada

Gaya renang lain yang sangat umum adalah gaya dada. cara berenang ini sangat mirip dengan gerakan melompat dan berenang katak. Pada tahap awal mempelajari gaya renang ini, Anda bisa berenang dengan kepala di atas air. Oleh karena itu, mengingat perenang dapat bernapas dengan mudah, itu adalah salah satu cara termudah untuk belajar.

Pernapasan adalah salah satu tantangan tersulit dalam belajar berenang, yang merupakan keuntungan besar. Pada level lanjutan dan kompetisi renang, Anda perlu meluncur dan menghembuskan napas sambil memasukkan kepala ke dalam air. Dan timing waktu yang pas saat anda menghirup udara.

Berbeda dengan gaya bebas, saat memakai gaya dada, posisi tubuh berubah terus menerus selama siklus kayuhan. Saat Anda menarik lengan Anda, itu berubah dari posisi horizontal yang ramping (setelah menendang) menjadi posisi miring (untuk menghirup).

Info Lainnya :  Atlet Timnas Sepak Takraw Indonesia

Selengkapnya: Manfaaat Renang gaya Dada

Gaya kupu-kupu

 

Macam-Macam Gaya Renang
Butterfly

Gaya Kupu-kupu adalah salah satu gaya renang tercepat dan digunakan di banyak kompetisi renang. Ini adalah yang tercepat kedua setelah gaya bebas. Namun, ini adalah gaya yang sangat rumit untuk dipelajari, terutama jika Anda seorang pemula. Pada dasarnya, mulailah menyamping dengan perut ke bawah. Lalu bergerak ke atas untuk bernapas dan lengan Anda melakukan tarikan.

Kaki Anda (lurus dan menyatu) melakukan kayuhan lumba-lumba. Kayuhan yang menyerupai gerakan ekor lumba-lumba. Tubuh Anda bergerak seperti gelombang. Sulit untuk dikuasai, tetapi gaya ini memiliki kelebihan. Juga, gerakan flexible yang menyertai latihan ini adalah salah satu yang terbaik dalam hal latihan seluruh tubuh.

Selengkapnya: Gaya Renang Kupu-kupu

Gaya punggung

 

Macam-Macam Gaya Renang
Ilustrasi Gaya Punggung

Gaya punggung hanya gaya bebas, tetapi menggunakan punggung anda. Gerakannya persis sama, tetapi Anda berbaring telentang. Ini adalah latihan rutin yang bagus, terutama jika Anda memiliki masalah punggung. Fakta bahwa Anda dapat melakukan gerakan tanpa membebani punggung Anda memfasilitasi proses penyembuhan Anda.

Selengkapnya: Tips renang gaya punggung

Gaya punggung dasar

Macam-Macam Gaya Renang
Ilustrasi Gaya dasar Punggung

Gaya renang lain yang sangat sederhana adalah gaya punggung yang belum sempurna. Ini adalah versi gaya punggung yang lebih sederhana dan disebut “dasar” karena sifatnya yang sederhana. Ini adalah salah satu gaya pertama yang diajarkan kepada anak-anak karena mudah dipelajari, tidak menyulitkan saat bernafas.

Fakta bahwa tidak ada bagian tubuh yang terkoordinasi dengan yang lain membuatnya mudah bagi siapa saja dari segala usia. Ini adalah gaya lain yang dapat Anda gunakan ketika Anda jauh dari daratan dan ingin melayang perlahan tanpa menggunakan terlalu banyak energi. Selama Anda menjaga tubuh Anda tetap lurus, mudah untuk mengapung.

Sidestroke

Sidestroke tidak digunakan untuk tujuan kompetitif karena sifatnya yang lambat, tetapi dapat menyelamatkan nyawa dan merupakan gaya belajar yang penting. Mereka mengadopsi gaya ini karena penjaga pantai dapat membawa sesuatu saat Anda berenang saat Anda menyelamatkan orang yang tenggelam.

Juga, jika Anda perlu berenang untuk waktu yang lama jauh dari daratan, gaya ini sangat bagus karena menggunakan sedikit energi. Seperti namanya, itu adalah gaya yang menggunakan satu sisi tubuh. Dengan kepala berada di atas permukaan air, jadi ini adalah gaya lain yang mudah dipelajari. Anda mulai dengan mengapungkan tubuh Anda ke samping di dalam air

Combat Sidestroke

Gaya renang yang paling kompleks namun paling efisien adalah Combat Sidestroke. Ini bukan gaya murni itu sendiri, tetapi kombinasi gaya samping, gaya bebas, dan gaya dada. Dibuat untuk US Navy SEAL untuk membantu menghemat energi, bergerak lebih cepat, dan mengurangi profil bawah air. Dengan demikian, ini adalah gaya renang tipe siluman yang memiliki sedikit efek di air, tetapi sangat cepat.

Info Lainnya :  Metode Gaya Renang Bebas untuk Pemula dan Manfaatnya!

Fokusnya adalah menjaga kepala, punggung, dan pinggul Anda pada satu sumbu, bahkan jika Anda memutarnya ke samping atau ke bawah. Dalam kasus Navy Seal, Anda tidak ingin bajak laut menemukan Anda saat Anda berenang untuk misi yang serius. Semua gerakan terjadi di dalam air, tepat di bawah permukaan dengan sedikit tekanan.

Trudgen

Macam-Macam Gaya Renang
Trudgen

Gaya renang ini adalah gaya hybrid lain yang menggabungkan gaya bebas dan menyamping dengan hasil yang unik namun mudah. Dinamakan setelah perenang Inggris terkenal John Truggen. Dalam gaya ini, Anda terutama berenang menyamping, meletakkan tangan di atas kepala, dan mengayuhkan kaki seperti gunting setiap dua kayuhan. kayuhan gunting terjadi saat Anda berada di samping Anda.

Dengan lengan kiri Anda di atas kepala, kaki Anda siap untuk kayuhan gunting dan kaki Anda melebar. Saat lengan Anda berada di permukaan air, tarik kaki Anda bersama-sama untuk melakukan kayuhan gunting. Ini sangat mirip dengan melakukan sidestroke setengah tempur. Mengingat bahwa kepala selalu berada di atas permukaan air, ada banyak ruang untuk bernapas.

Treading/Menginjak  air

Macam-Macam Gaya Renang
Treading Water/Menginjak Air

Treading/Menginjak  air adalah teknik berenang yang menggerakkan lengan dan kaki Anda secara efisien pada saat yang bersamaan. Dalam kebanyakan kasus, itu akan tetap dalam posisi vertikal tanpa bergerak.

Treading/Menginjak  air dalam gerakan

Seperti sculing, tapak bukanlah pukulan, itu adalah teknik keselamatan yang dipelajari pemula sebelum beralih ke gaya renang lainnya. Hal ini terutama dimaksudkan agar perenang tetap terapung saat menghentikan gaya renang di laut dalam. Ini adalah cara untuk bersantai dan beristirahat di air tanpa keluar. Tubuh Anda mengapung dan menjaga kepala tetap di atas permukaan air, sehingga Anda dapat bernapas dengan mudah. Ada banyak cara untuk melakukan treading air. Namun, teknik tetap bergerak sambil memanfaatkan kaki dan tangan bisa dibilang seperti menginjak air.

Sculling

Macam-Macam Gaya Renang
Sculling

Ini adalah teknik renang dasar di mana tangan Anda berada di dalam air untuk menjaga kepala tetap di atas permukaan tanpa tenggelam. Keterampilan keselamatan dasar diajarkan kepada perenang pemula. Performa renang sinkron profesional juga sangat bergantung pada keterampilan ini. Anda dapat Sculling secara vertikal atau horizontal.

Teknik dasar Sculling adalah Teknik mengayuh dasar melibatkan menggerakkan lengan Anda, dalam gerakan melingkar atau angka delapan dengan telapak tangan menghadap ke bawah hampir sejajar dengan lantai. Ini dilakukan pada atau tepat di bawah permukaan air, memberikan tekanan ke bawah. Tekuk siku dan jaga tangan di depan, posisikan sedikit lebih lebar dari bahu.

Info Lainnya :  Gaya Renang Kupu-kupu, Teknik dan Manfaatnya!

Berapa banyak gaya renang yang berbeda yang ada?

Sebenarnya ada begitu banyak Gaya renang, tetapi empat gaya yang paling umum adalah gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan kupu-kupu.

Manakah gaya tercepat atau gaya paling lambat?

Gaya bebas adalah yang tercepat sedangkan gaya dada adalah yang paling lambat. Setiap ahli gaya (biasanya seorang atlet) bergiliran merekam gaya tercepat dan paling lambat untuk mengukur kecepatan gaya renang. Hanya gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu-kupu dan gaya dada yang digunakan dalam kompetisi renang, dan ini adalah satu-satunya kecepatan aktual yang tercatat. Dalam urutan kecepatan, gayanya adalah gaya bebas, kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada paling lambat. Sulit untuk mengukur kecepatan sebenarnya dari gaya hibrida seperti tradion dan sidestroke tempur. Ini karena terbatas pada kelas orang tertentu dan bukan gaya olahraga resmi.

Gaya mana yang paling sulit?

Pukulan yang paling sulit dan melelahkan adalah gaya kupu-kupu karena melibatkan hampir seluruh otot tubuh. Tapi seperti yang disebutkan di atas, ini adalah gerakan latihan seluruh tubuh yang paling menghibur dan terbaik

Gaya mana yang paling mudah untuk pemula?

Gaya renang yang paling sederhana adalah gaya dada. Hal ini karena kepala berada di atas permukaan air dan mudah untuk bernafas. Namun, ini bervariasi dari orang ke orang, dan beberapa orang menemukan gaya lain lebih mudah daripada gaya dada.

Gaya renang dasar lainnya untuk pelajar

Macam-Macam Gaya Renang untuk pemula adalah:

  • merangkak
  • Gaya punggung yang belum sempurna
  • Pukulan samping

Keterampilan berenang dasar untuk pemula dan profesional

Menurut para ahli, perenang hanya menguasai dasar-dasar renang. Ini termasuk:

  • mengapung
  • berseluncur dengan wajah anda menghadap ke air
  • Teknik Pernapasan
  • Menyesuaikan bagian tubuh saat berenang
  • menyelam
  • Teknik berenang yang aman seperti Sculling dan treading.

Selain membuat Anda menjadi perenang yang lebih baik, keterampilan dapat ini membuat perbedaan antara hidup dan mati. Mengetahui cara berenang dengan satu tangan atau beban ekstra dapat menyelamatkan nyawa Anda dan orang lain. Selain itu, mengetahui gaya mana yang paling efisien saat ini dapat membantu Anda menavigasi perairan yang keras seperti arus kuat dan pusaran air.

Baca Juga: Atlit Panahan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.