Metode Gaya Renang Bebas
Metode Gaya Renang Bebas

Metode Gaya Renang Bebas untuk Pemula dan Manfaatnya!

Metode Gaya Renang Bebas untuk Pemula dan Manfaatnya!

Metode Gaya Renang BebasGaya bebas adalah teknik renang yang menggerakkan tubuh ke depan dengan mengayuhkan tangan di permukaan air dan mengibaskan kaki secara seirama dan bergerak maju di permukaan air. Salah satu gaya renang yang popular dan dipakai banyak pemula, namun, tidak banyak yang bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Padahal, tekhnik yang baik dapat mengurangi risiko cidera dan memaksimalkan manfaatnya. Manfaat berenang gaya bebas saja tidak membantu Anda membakar kalori. Di luar itu, olahraga ini juga menyehatkan banyak organ penting di tubuh, termasuk jantung.

Bagaimana melakukan gaya renang bebas dengan baik dan benar?

Metode Gaya Renang Bebas mungkin tampak seperti salah satu teknik berenang yang paling mudah. Namun pada kenyataannya, ada beberapa teknik dasar yang sering dilupakan orang. Di bawah ini adalah beberapa teknik gaya bebas yang baik dan benar.

Posisi kepala

Kesalahan yang biasanya dilakukan pemula untuk melakukan gaya renang bebas biasanya posisi kepala yang selalu melihat ke depan. Untuk gaya renang yang benar, posisi kepala harus selalu menghadap ke bawah. Juga, letakkan kepala Anda sejajar dengan garis tengah tubuh Anda, baik di bawah atau di atas. Jika Anda mengangkat kepala terlalu tinggi atau melihat ke depan, tubuh Anda akan terdorong ke bawah secara otomatis. Akibatnya, menjadi sulit untuk bergerak maju dan kecepatan renang melambat.

Posisi tubuh

Bayangkan sebuah garis lurus yang membelah tubuh Anda menjadi dua saat Anda berada di dalam air. Saat berenang gaya bebas, jaga agar tubuh tetap berada di tengah garis. Bersandar terlalu jauh ke satu sisi meningkatkan risiko cedera bahu dan dapat mengurangi efisiensi energi yang dikonsumsi.

Info Lainnya :  Renang Gaya Dada, Teknik dan Manfaat Bagi Tubuh

Posisi tangan

Dengan teknik renang gaya bebas yang benar, Anda perlu menjaga posisi tangan Anda berikutnya.

  • Telapak tangan tidak bisa dibuka lebar
  • Dekatkan jari-jari Anda di sepanjang telapak tangan Anda untuk membuat bentuk yang sedikit cekung atau seperti cangkir. Ini harus dilakukan untuk mencegah air mengalir di antara jari-jari Anda dan memperlambat gerakan Anda saat Anda menggerakkan tangan.
  • Bagian depan jari seharusnya yang pertama kali masuk ke dalam air.
  • Jangan gerakkan lengan kiri dan kanan secara bergantian untuk membentuk baling-baling atau gerakan seperti kincir.
  • Saat berlatih renang gaya bebas, satu lengan mungkin berada di atas permukaan air dan lengan lainnya mungkin berada di bawah permukaan air. Angkat satu tangan dan tangan bawah air harus menunggu.
  • Ketika tangan di atas air kembali ke air, tangan di bawah air perlahan-lahan bergerak ke atas.
  • Posisi tangan di dalam air harus sejajar dengan posisi tubuh.
  • Tempatkan pergelangan tangan Anda di bawah siku.

Posisi kaki

Menendang terlalu keras selama melakukan renang gaya bebas biasanya menjadi salah satu kesalahan yang dilakukan pemula. Menggerakkan kaki Anda selama berenang gaya bebas dapat disamakan dengan berjalan santai daripada berlari.

Dalam gaya renang bebas posisi kaki yang di pakai seharusnya lurus dari pinggang hingga lutut dan lutut ke bawah memberikan Gerakan kecil untuk bergerak maju.

Info Lainnya :  Ukuran Arena Lapangan Panahan Terbaru

Di sisi lain, untuk bergerak maju, Anda perlu bergerak secara fleksibel dan perlahan, seperti berjalan di sendi pergelangan kaki. Tenaga yang digunakan untuk menggerakkan kaki harus berasal dari pinggul, bukan dari tendangan yang kuat.

Metode pernapasan

Metode pernapasan gaya bebas yang benar adalah:

  • Angkat kepala agar tidak terlalu dekat dengan waktu untuk menarik napas.
  • Tempatkan kepala Anda seolah-olah Anda sedang berbaring dan beristirahat, tetapi berhati-hatilah untuk tidak menenggelamkan bahu Anda.
  • Saat menoleh ke samping, rendam satu sisi mata dan ujung kepala Anda ke dalam air.
  • Posisi di mana hanya satu sisi mata, mulut, dan dagu yang berada di atas permukaan air.
  • Kemudian, setelah terhirup, arahkan mulut dan dagu Anda ke bawah ketiak agar benar-benar keluar.

Jika Anda salah bernapas, punggung bagian bawah dan kaki Anda akan jatuh dan tenggelam lebih dalam, dan Anda perlu melakukan upaya ekstra untuk menggerakkannya.

Kesalahan umum dalam renang gaya bebas

Gerakan dalam gaya renang bebas terlihat cukup sederhana, namun banyak pemula yang melakukan kesalahan umum, berikut kesalahan yang biasanya dilakukan pemula.

  • Tarik napas dengan sangat cepat sehingga tubuh Anda naik ke permukaan air alih-alih didorong ke depan
  • Siku Anda terlalu rendah karena Anda bernapas terlalu lambat
  • Gerakan kaki yang tidak terlalu santai
  • Posisi badan tidak lurus
  • Posisi siku saat mengayun ke atas sangat lurus saat perlu membentuk sudut sekitar 90 derajat
  • Terjadi kesalahan saat dorongan awal tubuh.

Manfaat berenang Gaya Bebas

Jika teknik gaya bebas dilakukan dengan benar, manfaatnya akan maksimal. Kelebihan gaya bebas adalah:

  • Kalori yang terbakar

Selain gaya kupu-kupu, gaya renang bebas menjadi salah satu jenis gaya renang yang sangat membakar kalori sehingga sangat membantu menjaga Kesehatan. Melakukan Gaya renang ini selama 30 menit ini ternyata bisa membakar 300 kalori dalam tubuh Anda.

  • Fit body dan Bentuk Tubuh

Dalam Gerakan gaya renang bebas banyak Gerakan yang bakal membantu anda membangun otot anda, termasuk otot perut, bokong dan otot punggung.

  • Bermanfaat untuk jantung dan paru-paru

Berenang gaya bebas tidak hanya membangun otot-otot organ luar, tetapi juga membantu kesehatan jantung dan paru-paru. Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa berenang secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah.

  • Aman untuk penyakit tertentu

Berenang bermanfaat bagi penderita asma karena meningkatkan kapasitas vital dan membantu pernapasan. Namun, bahan kimia di kolam penderita asma bisa menyebabkan kekambuhan. Karena itu, sebelum berenang, pastikan kolam Anda bebas dari zat berbahaya.

Info Lainnya :  Daftar Atlet Panahan Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Selain asma, penderita multiple sclerosis juga bisa mendapatkan keuntungan dari olahraga ini. Berada di dalam air membuat tubuh Anda lebih ringan dari pinggang ke bawah.

  • Perbaiki tidur

Berenang gaya bebas dan teknik berenang lainnya dapat membantu orang yang sulit tidur atau yang menderita insomnia mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Namun untuk mendapatkan manfaat jangka panjang tersebut, Anda perlu rutin berenang.

Menguasai teknik gaya bebas membutuhkan latihan yang rajin dan teratur, so jangan lupa untuk share artikel ini ke teman dan keluarga jika bermanfaat!

Baca Juga: Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *