Renang Gaya Dada
Renang Gaya Dada

Renang Gaya Dada, Teknik dan Manfaat Bagi Tubuh

Renang Gaya Dada, Teknik dan Manfaat Bagi Tubuh

Renang Gaya Dada – Sebagai sarana bersantai di akhir pekan berenang merupakan olahraga yang cocok untuk segala usia. Mengapa Anda tidak meningkatkan teknik renang Anda seperti renang gaya dada daripada hanya “bermain air”? Jika Anda ingin mempelajari teknik dasar renang seperti renang gaya bebas, mulailah dengan gaya dada terlebih dahulu. Jika Anda berlatih renang dada dengan cara yang benar, dapat memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh Anda.

Teknik renang gaya dada mudah untuk pemula

Gaya dada atau breaststroke merupakan salah satu teknik renang yang paling mudah untuk pemula. Gaya renang ini akan diajarkan dahulu saat anda belajar dengan instruktur renang.

Teknik ini memungkinkan pemula berenang dengan kepala tetap diatas, dan dikenal sebagai Teknik renang gaya katak. Ketika pertama belajar berenang kemungkinan belum terbiasa karenanya anda merasa takut dan panik sehingga tidak focus pada tekhniknya dan akhirnya menenggelamkan kepala anda.

Cara mudah belajar renang untuk pemula

Para pemula yang belajar renang akan lebih santai dalam belajar renang tanpa takut tenggelam dengan gaya renang yang dikenal sebagai gaya katak ini. Pasalnya, teknik renang lainnya mengharuskan kepala dimasukkan ke dalam air dengan sesekali keatas untuk menarik napas.

Untuk memulainya, berikut ini cara melakukan teknik gaya dada yang bisa Anda lakukan.

Postur tubuh dan kepala

Posisi tubuh dan kepala yang benar ditujukan untuk meningkatkan keterampilan renang gaya dada secara keseluruhan. Posisi tubuh harus lurus dan sejajar dengan kepala saat berada di dalam air. Dengan memiringkan sedikit punggung anda kemudian mempertahankan bahu, pinggul dan kaki dalam garis lurus sehingga kaki anda tetap menendang dalam air.

Bukan hanya itu saja, bahu dan lengan anda harus rilex sebanyak mungkin agar Gerakan lengan tidak tegang saat beraa di dalam air. Saat menggerakkan lengan ke depan, jaga agar kepala sedikit ke bawah untuk mencegah air yang menghambat.

Info Lainnya :  Lengkap! 10 Peraturan Olahraga Panahan Yang Wajib Kamu Tahu

Teknik gerakan tangan

Gerakan lengan dalam berenang cenderung lebih sering dilakukan di dalam air. Pertama, saling berhadapan dengan telapak tangan dan putar lengan tepat di depan Anda. Kemudian dorong tubuh Anda dan geser ke depan. Kemudian ikuti langkah-langkah ini untuk melatih teknik gerakan lengan.

  • Gerakkan lengan anda di bagian luar tubuh saat meluncur dan posisi anda cukup stabil.
  • Tidak perlu menggunakan Gerakan terlalu lebar di tangan karna Sebagian besar dorongan berasal dari kaki dan bukan tangan.
  • Setelah membentuk lingkaran sempurna, letakkan telapak tangan di dada bagian atas.
  • Dengan telapak tangan meringkuk, rentangkan tangan ke depan, lalu lanjutkan gerakan lengan.

Teknik gerakan kaki

Berbeda dengan gaya renang gaya bebas, dorongan tubuh ke depan sebagian besar berasal dari tendangan kaki pada gaya dada. Gerakan kaki saat berenang mirip dengan gerakan kaki katak saat berenang.

Untuk lebih jelasnya berikut ini panduan teknik gerakan kaki renang ala katak.

  • Setelah menggeser kaki lurus, tekuk lutut sehingga tumit menghadap pinggul. Telapak kaki juga menunjuk ke permukaan air.
  • Tempatkan lutut sedikit menjauh dari pinggul, menghadap ke bawah dan sedikit di belakang garis pinggul.
  • Kemudian lakukan tendangan menyapu ke arah luar dan ke belakang dengan gerakan memutar. Jangan tekuk kaki Anda ke depan dan pertahankan dalam posisi stabil.
  • Untuk menghindari hambatan air, letakkan kaki Anda lurus ke belakang, dengan tangan menghadap lurus ke depan.

Pernapasan

Jika Anda benar-benar pandai berenang dengan menggerakkan tangan dan kaki, Anda bisa belajar cara bernapas saat berenang. Anda harus dapat mengatur waktu dan mengetahui waktu yang tepat untuk menarik napas.

Teknik ini lebih mudah dari pada Teknik renang lainnya, selanjutnya anda perlu mempelajari Teknik pernapasan dibawah:

  • Untuk menarik napas anda dari air anda bisa meletakkan tangan anda di depan dada lalu angkat bahu dan wajah anda dari air.
  • Angkat kepala Anda secara alami dan jangan memaksanya untuk menghindari sakit punggung. Jangan duduk. Gerakan mungkin terhambat.
  • Ketika lengan dan kaki Anda menyatu dan punggung Anda lurus seperti segalanya, masukkan kembali kepala Anda dan ludahkan ke dalam air.
Info Lainnya :  Macam-Macam Gaya Renang, Manfaat dan Kegunaanya

Manfaat Gaya Dada untuk Kesehatan

Teknik ini cukup mudah dipelajari pemula, tetapi memiliki banyak manfaat besar yang bisa diperoleh dengan gaya dada atau gaya katak di bawahnya.

Memperkuat tulang dan otot

Berenang membutuhkan gerakan otot di seluruh tubuh, dari kepala hingga kaki. Jika dilakukan secara teratur, berenang dapat menjaga tonus otot dan tidak mengurangi massa otot secara signifikan di usia muda.

Mempertahankan massa otot pada tahap awal juga membantu menjaga tulang Anda tetap kuat. Pada akhirnya, memperkuat otot dan tulang dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis di tahun-tahun berikutnya.

Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru

Kelelahan yang cepat dan sesak napas, bahkan tanpa aktivitas yang intens, dapat mengindikasikan kondisi jantung dan paru-paru yang buruk. Nah, rutinitas berenang bisa membantu Anda mengatasi masalah ini.

Berenang adalah olahraga aerobik yang bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung Anda. Ketika otot jantung kuat, pembuluh darah dapat mengalir lebih cepat dari darah, memberikan lebih banyak oksigen ke semua sel dalam tubuh.

Ini meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru untuk berfungsi dan berfungsi lebih efisien. Semakin stabil detak jantung dan laju pernapasan Anda selama beraktivitas, semakin baik kebugaran Anda. Akhirnya, Anda akan segera dapat melakukan aktivitas fisik normal tanpa merasa lelah dan pernapasan Anda akan membaik.

Menjaga kestabilan tekanan darah dan kadar gula darah

Manfaat berenang juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Berenang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Fungsi jantung yang lebih efisien saat memompa darah memberi Anda kontrol lebih besar terhadap tekanan darah.

Info Lainnya :  Permainan Sepak Takraw Yang Perlu Anda Ketahui

Sirkulasi darah yang baik juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini memungkinkan tubuh untuk secara optimal membakar cadangan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi.

Seperti dikutip dalam Journal of Hormone Molecular Biology and Clinical Research 2019, berenang membantu meningkatkan sensitivitas insulin dengan mengurangi faktor penyebab komplikasi diabetes. Akibatnya, kadar gula darah tubuh Anda bisa lebih berhati-hati.

Membakar lemak lebih efektif

Berenang melibatkan olahraga untuk menurunkan berat badan dan membakar kalori. Berenang sekitar 10 menit dapat membakar hingga 60 kalori. Anda bisa membakar 200 kalori hanya dengan berenang selama 30 menit.

Faktanya, itu membakar lebih banyak kalori daripada berjalan dalam jumlah waktu yang sama. setelah berenang sekitar 20 menit lemak biasanya akan terbakar. Ini karena tubuh membakar karbohidrat yang disimpan terlebih dahulu dan kemudian lemak.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda perlu berenang secara teratur minimal 30 menit sehari. Secara otomatis kalori anda akan terbaka dengan semakin jauh dan semakin cepat anda berenang.

Jika Anda seorang pemula, berenanglah selama 10 menit terlebih dahulu dan kemudian secara bertahap tingkatkan waktu dan jarak Anda. Perlu diingat bahwa menyeimbangkan dengan diet sehat dan seimbang memaksimalkan manfaat berenang untuk menurunkan berat badan.

Mencegah risiko penyakit kronis

Berenang secara teratur membantu menjaga dan memperkuat fungsi jantung. Denyut jantung yang lebih kuat dan stabil juga dapat melindungi Anda dari berbagai risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Biological Macromolecules pada tahun 2018 menunjukkan bahwa berenang dengan obat-obatan tertentu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) di pembuluh darah. Berenang juga merupakan olahraga yang efektif untuk meredakan nyeri punggung dan nyeri punggung kronis.

Baca Juga: Macam Gaya Dalam Renang

Leave a Reply

Your email address will not be published.