Gaya Renang Kupu-kupu
Gaya Renang Kupu-kupu

Gaya Renang Kupu-kupu, Teknik dan Manfaatnya!

Gaya Renang Kupu-kupu, Teknik dan Manfaatnya!

Gaya Renang Kupu-kupuUntuk perenang pemula, mempelajari teknik renang kupu-kupu bisa jadi sulit. Sesuai dengan namanya, renang kupu-kupu membutuhkan lengan untuk bergerak serempak seperti saat kupu-kupu mengepak. Gerakan ini membutuhkan banyak tenaga dan pengetahuan tentang teknik renang yang lebih unggul dari pada gaya renang lainnya seperti gaya bebas, gaya punggung dan gaya dada.

Teknik renang kupu-kupu juga membutuhkan koordinasi tubuh yang maksimal, mulai dari tangan dan tubuh hingga kaki. Pemula pada dasarnya disarankan untuk tidak mencoba gaya kupu-kupu sebelum menguasai teknik renang dengan benar.

Teknik renang kupu-kupu

Jangan khawatir, perenang pemula tetap bisa membaca Teori Renang Kupu-kupu sebagai referensi. Jika Anda ingin berlatih, demi keselamatan Anda, kami sangat menyarankan Anda meminta bimbingan terlebih dahulu kepada pelatih atau orang yang berpengalaman.

Biasanya, Teknik renang kupu-kupu mengharuskan tubuh Anda sedekat mungkin dengan permukaan. Saat berenang, Anda harus menjaga bahu dan pinggul tetap horizontal dan menyelaraskan gerakan tubuh dengan kepala dan tangan.

Teknik renang kupu-kupu yang harus Anda kuasai sepenuhnya adalah:

Metode pernapasan

Saat anda menggunakan Teknik pernapasan dalam gaya kupu-kupu anda memasukkan kepala ke dalam air sebelum mengepakkan tangan. Teknik ini menjaga tingkat tubuh Anda dan memaksimalkan dorongan kaki Anda.

Ada empat jenis teknik pernapasan untuk teknik renang kupu-kupu.

  • Gaya tradisional

Teknik ini dilakukan sesuai dengan gambar di atas. Artinya, kepala berada di atas permukaan air dan pandangan diarahkan ke depan sebelum mengepakkan tangan. Untuk melakukan ini, dada perenang harus menonjol dari permukaan air atau diklasifikasikan sebagai high riser.

  • Water Watcher

Saat menarik nafas dada perenang harus berada di permukaan air yang tergolong masih sama dengan metode gaya traditional. Tidak seperti gaya tradisional, mata perenang diarahkan ke air, oleh karena itu disebut pengamat air.

  • Peselancar dagu

Saat mengambil nafas leher perenang tepat berada di atas permukaan air saat anda memakai gaya renang kupu-kupu. Jaga dagu Anda sedekat mungkin dengan air dan nantikan itu sebelum mencelupkan kepala Anda ke dalam air lagi.

  • Pernapasan samping

Teknik ini mengharuskan Anda untuk memiringkan kepala dan membuka mulut untuk sedekat mungkin dengan permukaan air dan menarik napas. Perenang kupu-kupu profesional dianggap melambat, jadi mereka jarang menggunakan teknik ini.

Info Lainnya :  Macam-Macam Gaya Renang, Manfaat dan Kegunaanya

Teknik gerakan tangan

Gerakan lengan gaya renang kupu-kupu dibagi menjadi tiga sapuan yang dilakukan secara bersamaan. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • Rentangkan tangan Anda di depan Anda di permukaan air.
  • Saat memasuki air, tekuk siku sedikit di atas telapak tangan dan jaga agar lengan selebar bahu.
  • Gerakkan tangan Anda ke bawah dan tarik keluar seperti huruf Y di depan tubuh Anda.
  • Gulung tangan Anda dan gosok satu sama lain dengan siku terangkat.
  • Putar tangan Anda ke atas dan ke bawah untuk menyapu sejajar ke samping.

Pemulihan lengan lebih intens saat lengan direntangkan ke depan dan masuk kembali ke air. Letakkan tangan Anda di permukaan air, jangan biarkan pinggul Anda jatuh, dan jaga agar tetap sedekat mungkin dengan air.

Teknik gerakan kaki

Pergerakan kaki dalam gaya renang tergantung pada kekuatan pinggang. Prinsip gerakan adalah langkah selanjutnya.

  • Tumit dan telapak kaki Anda harus keluar dari air, tekuk lutut sedikit dan kencangkan tutupnya.
  • Gerakkan kaki Anda dengan kuat lalu dorong tubuh Anda ke depan. Jaga agar kaki Anda dekat dengan pergelangan kaki dan rileks.
  • Perenang harus tetap menendang saat lengan bergerak masuk dan keluar dari permukaan air.
  • Cobalah menendang dua kali untuk setiap putaran lengan Anda. Satu kali untuk mendorong lengan keluar dari air untuk memulihkan, dan waktu lainnya untuk menendang ketika lengan berada di dalam air.
Info Lainnya :  Permainan Sepak Takraw Yang Perlu Anda Ketahui

Posisi Tubuh perenang kupu-kupu

Posisi tubuh sangat penting dalam gaya renang kupu-kupu, sepertihalnya Teknik pernapasan dan Gerakan anggota badan, berikut bagaimana cara posisi tubuh yang benar:

  • Tempatkan tubuh lurus Anda sejajar dengan kepala Anda dengan bahu dan pinggul untuk membentuk antarmuka horizontal ke permukaan air.
  • Posisi objek harus sedekat mungkin dengan permukaan air (tidak terlalu rendah)
  • Saat bergerak, posisi badan harus mengikuti aliran air (biasanya tampak bengkok membentuk huruf “S”). Jika Anda menyesuaikan gerakan kaki dan tangan serta bernapas dengan baik, gerakan Anda akan lebih ringan dan Anda tidak akan langsung merasa lelah.

Untuk meningkatkan Gerakan yang lebih maju Teknik Gerakan diatas harus dilakukan berulang. Selain itu, Anda dapat melatih gerakan berputar yang banyak digunakan dalam sesi balapan.

Manfaat renang kupu-kupu bagi kesehatan

Berenang kupu-kupu dapat menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk:

  • Latih otot tubuh Anda

Karena tekniknya yang rumit, pola kupu-kupu berhasil melatih dan membentuk otot-otot tubuh, terutama bagian dada, perut, tangan, dan punggung.

  • Perbaikan postur

Renang kupu-kupu tidak hanya memperbaiki postur tubuh, tetapi juga membantu meningkatkan fleksibilitas. Ini baik untuk kesehatan Anda karena memiliki postur dan fleksibilitas yang baik, yang memfasilitasi aktivitas sehari-hari dan mengurangi risiko cedera.

  • Membakar banyak kalori

Dibandingkan dengan metode berenang lainnya, renang kupu-kupu dapat membakar kalori paling banyak. Ini adalah sekitar 450 kalori dalam 30 menit. Bagi orang yang ingin mendapatkan tubuh ideal gaya renang kupu-kupu menjadi sangat efektif untuk mereka karena aktifitas nya menuntut kerja fisik lebih dari pada gaya renang lainnya.

Info Lainnya :  Ketahui! Teknik Dasar Sepak Takraw Agar Jago Saat Bermain

Pukulan kupu-kupu adalah salah satu teknik renang yang paling sulit untuk dikuasai, tetapi bukan tidak mungkin. Selama Anda berlatih secara teratur, Anda dapat menguasai teknik ini dengan baik dan mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

Baca Juga: Macam-Macam Gaya Renang

Leave a Reply

Your email address will not be published.