Renang gaya Punggung
Renang gaya Punggung

Renang gaya Punggung, Tips dan Manfaatnya bagi Tubuh!

Renang gaya Punggung, Tips dan Manfaatnya bagi Tubuh!

Renang gaya PunggungBerenang merupakan salah satu olahraga terlengkap yang membantu melatih seluruh bagian tubuh. Olahraga ini baik untuk jantung dan termasuk olahraga aerobik. Dengan latihan rutin dalam berbagai gaya, termasuk gaya punggung, Anda bisa merasakan manfaat dari olahraga yang satu ini. Gaya punggung merupakan gaya renang yang unik karena banyak dari otot-otot tubuh menjadi aktif dan menggabungkan manfaat dari beberapa gaya lainnya. Selain itu, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berenang pinggul.

Tips melakukan teknik gaya punggung yang benar

Medialogi.net akan memberikan beberapa tip untuk anda jikan anda tertarik dengan renang gaya punggung. Berikut tipsnya:

  • Jaga punggung Anda selurus mungkin sehingga bagian depan Anda berada di atas permukaan air.
  • Posisi berenang yang baik adalah ketika pinggul dan punggung berada tepat di bawah permukaan air.
  • Jangan memasukkan pinggul Anda ke dalam air. Ini melambat.
  • Pastikan posisi kepala Anda stabil dan leher Anda rileks.
  • Jangan mengangkat kepala terlalu tinggi karena akan melukai leher Anda.
  • Posisi kepala yang ideal adalah ketika telinga sejajar dengan permukaan air.
  • Tangan digerakkan secara bergantian, saat satu tangan di permukaan air tangan lainnya akan berada dibawah air.
  • Saat menggerakkan kaki Anda, pastikan kaki Anda dalam posisi tegang.
  • Jangan gerakkan kaki Anda dengan kekuatan lutut Anda. Gerakkan kaki Anda dengan kekuatan pinggul Anda.
  • Istirahatkan pergelangan kaki Anda saat bergerak.
  • Saat berenang, jangan terlalu banyak menahan napas. Anda perlu menyesuaikan waktu Anda menahan napas. Pernapasan sempurna biasanya ketika gerakan satu tangan selesai.
Info Lainnya :  Tips Diet Sehat agar tidak Membahayakan Tubuh

Manfaat renang punggung

Manfaat renang Punggung tidak jauh berbeda dengan metode renang lainnya. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika melakukan hal ini secara rutin:

  1. Latih seluruh bagian tubuh secara menyeluruh

Gerakkan semua bagian tubuh anda saat berenang dengan gaya punggung. Renang di bagian bawah mengaktifkan otot dada, punggung, kaki, tangan, dan tubuh, sehingga tubuh dapat bergerak cepat di atas air.

  1. Menurunkan berat badan

Dibandingkan dengan gaya renang lainnya, Anda sebenarnya membakar lebih sedikit kalori saat melakukan latihan renang. Namun, latihan ini tetap bermanfaat bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Jika Anda berenang selama 30 menit menggunakan gaya punggung, Anda dapat membakar sekitar 250 kalori. Menggabungkannya dengan teknik renang lain yang dapat membakar lebih banyak kalori, seperti gaya bebas dan gaya kupu-kupu, saat berenang meningkatkan peluang Anda untuk menurunkan berat badan.

  1. Perbaiki postur tubuh

Saat berenang, Anda harus menjaga punggung tetap lurus. Dengan melakukan ini secara teratur, tulang belakang akan lurus seiring waktu. Jadi Anda tidak akan melonggarkan diri untuk terlihat lebih tinggi.

  1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Berenang dengan gerakan punggung dapat meningkatkan kelenturan punggung bagian bawah. Hal ini sangat berguna bagi orang-orang yang menghabiskan banyak waktu untuk aktivitas duduk, seperti pekerja kantoran, agar tidak cepat lelah atau menderita sakit punggung atau punggung bagian bawah.

  1. tubuh lebih kencang

Gaya punggung membantu memperkuat otot-otot perut, kaki, lengan, bahu, dan bokong.

  1. Cocok untuk organ penting tubuh

Semua teknik renang, termasuk gaya punggung, dapat membantu fungsi jantung lebih baik dan efektif. Tidak hanya itu, berenang tidak hanya baik untuk kesehatan paru-paru, tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Latihan aerobik dan aerobik dapat sangat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Selama ini, orang hanya mengaitkan latihan aerobik dengan jogging atau jogging. Bahkan, berenang juga termasuk sebagai olahraga aerobik atau aerobik.

Info Lainnya :  Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot Ampuh

Anda mungkin tertarik dengan gaya punggung setelah anda mengetahui kebih banyak tentang gaya renang ini. Namun perlu diingat di masa pandemi seperti sekarang ini, kolam renang berisiko terinfeksi virus. Karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati.

Baca Juga : Macam Macam Gaya Renang

Leave a Reply

Your email address will not be published.