Chipset Exynos 2200 Samsung
Chipset Exynos 2200 Samsung

Chipset Exynos 2200 Samsung, Game Level Konsol di Smartphone

Chipset Exynos 2200 Samsung, Game Level Konsol di Smartphone

Chipset Exynos 2200 Samsung – Samsung? Yes bener banget, adalah salah satu pabrikan smartphone asal korea selatan yang popular saat ini. Dan tentunya telah menghasilkan smartphone flagship top seperti. Samsung S21 Ultra yang mampu bersaing dengan flagship terbaik lainnya seperti iPhone 13 pro max. Tapi sejujurnya, ketika berbicara tentang prosesor seluler, Samsung bukanlah pilihan pertama bagi banyak orang. Namun, dengan diperkenalkannya chipset Exynos 2200 baru oleh Samsung, semuanya akan berubah. Untuk lebih jelasnya mari kita ulas lengkap spesifikasinya.

Spesifikasi Chipset Samsung Exynos 2200

Chipset Exynos 2200 adalah chipset tercanggih yang pernah dibuat Samsung. Prosesor seluler premium baru ini memiliki inti CPU berbasis Arm yang canggih, GPU Xclipse berbasis arsitektur AMD RDNA2 yang kuat, dan Neural Processing Unit (NPU) yang ditingkatkan. Yah, dengan Chipset baru ini pastinya pengalaman memakai smartphone dan game mobile akan lebih menarik.

Spesifikasi Samsung Exynos 2200

Chipset Exynos 2200 Samsung dibuat dengan proses EUV (Extreme Ultraviolet Lithography) 4nm yang canggih. Berkat arsitektur 4nm Samsung dan teknologi AMIGO yang mengoptimalkan kinerja, platform seluler baru ini sangat hemat daya. Ini memiliki CPU octa-core yang kuat dengan arsitektur tri-cluster. Selain itu, platform seluler juga menyertakan inti Arm Cortex-X2. Ini secara signifikan mengurangi waktu pemuatan, memperlancar multitasking, dan mempercepat rendering.

AMD RDNA2 – GPU Xclipse Berbasis: Ray Tracing di Ponsel

Chipset Exynos 2200 Samsung
Chipset Exynos 2200 Samsung

Samsung Xclipse 920 GPU pada Samsung Exynos 2200 didasarkan pada arsitektur AMD RDNA2. Seperti yang dikatakan Samsung, sepertinya “waktu bermain sudah berakhir”. Samsung telah bermitra dengan AMD, sebuah perusahaan yang memproduksi mikroprosesor terkemuka. Kolaborasi ini memungkinkan Samsung menghadirkan game level konsol ke smartphone. Baca Juga: Cara Liat Orang yang kepo FB kita

Info Lainnya :  Lengkap! Cara Melihat Orang Yang Melihat FB Kita 2021

Samsung Exynos 2200 AMD

GPU Xclipse mendukung fitur grafis canggih seperti Variable Rate Tracing (VRS) dan Hardware Accelerated Ray Tracing. Fitur-fitur ini sebelumnya terbatas pada PC, laptop, dan konsol. Ray tracing mengacu pada kemampuan perangkat untuk mensimulasikan bagaimana cahaya secara fisik memantulkan atau berperilaku di dunia nyata.

Bayangan tingkat variabel juga memungkinkan pengembang untuk mengurangi tingkat bayangan di berbagai area permainan tanpa mempengaruhi kualitas grafis secara keseluruhan. Ini secara signifikan mengurangi beban kerja GPU, meningkatkan efisiensi daya GPU dan kemampuan rendering. Selain itu, GPU Xclipse juga dilengkapi dengan teknologi Multi-IP Governor (AMIGO) canggih untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja platform seluler secara keseluruhan.

Alhasil, mode Ultra Graphic akan segera tersedia di game seperti Pubg mobile. Genshin Impact sangat mudah untuk smartphone baru. Dan secara keseluruhan, game akan lebih realistis, imersif, hemat daya, dan menggunakan daya yang relatif kecil.

Gambar tingkat profesional

Prosesor sinyal gambar Exynos 2200 telah didesain ulang untuk mendukung sensor gambar terbaru untuk smartphone. Platform seluler dapat mendukung sensor gambar hingga 200 megapiksel. ISP mendukung hingga 108MP dalam mode kamera tunggal pada 30 fps (bingkai / detik) dan 64 + 36MP dalam mode kamera ganda. Untuk perekaman video, ISP mendukung resolusi hingga 8K dan 4K dengan HDR diaktifkan. Selain itu, ISP Anda dapat menghubungkan hingga tujuh sensor gambar individual. Saat digunakan secara bersamaan, ISP dapat menangani empat sensor gambar untuk pengaturan multi-kamera tingkat lanjut.

Info Lainnya :  Cara Membuat Bot Whatsapp Tanpa Aplikasi

Samsung Exynos 2200 Advanced Multi-Format Codec (MFC) memungkinkan video 8K. Selain itu, platform seluler dapat mendekode (memutar) video hingga 4K pada 240 fps, video 8K pada 60 fps, encode (merekam) hingga video 4K pada 120 fps dan video 8K pada 30 fps. Chipset juga dapat membuat tampilan smartphone Anda lebih imersif dan realistis. Hal ini karena dapat mendukung tampilan HDR10+ dengan refresh rate hingga 144Hz.

Konektivitas dan keamanan yang ditingkatkan AI

Chipset Exynos 2200 Samsung mengintegrasikan inti CPU Armv9, memberikan keamanan dan kinerja yang lebih baik daripada kebanyakan chipset dengan inti Armv8. Struktur tri-cluster chipset memiliki delapan core. Ini berarti bahwa CPU adalah octa-core. intinya adalah:

  • Arm Cortex – Flagship X2 core
  • 3 Cortex A710 (kinerja dan efisiensi seimbang)
  • 4 Cortex A510 (inti kecil – hemat daya)

Berkat inti CPU Armv9, Samsung Exynos 2200 memiliki fitur keamanan Arm seperti ekspansi tag memori. Selain itu, chipset ini juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan pada perangkat yang lebih kuat dengan NPU (Neural Processing Unit) yang ditingkatkan. Berkat ini, chipset memungkinkan pembelajaran mesin, yang sangat meningkatkan efisiensi daya, pemrosesan gambar, pemrosesan paralel, dan keamanan.

Dalam hal konektivitas, Exynos 2200 memiliki modem 165G rilis 3GPP berkecepatan tinggi. Modem ini mendukung spektrum sub 6GHz dan gelombang milimeter (gelombang milimeter). Chipset ini juga dapat memanfaatkan sinyal 4G LTE dan 5G NR untuk meningkatkan kecepatan jaringan hingga 10Gbps, berkat konektivitas ganda E-UTRAN New Radio (EN-DC).

Info Lainnya :  Aplikasi Penambah Jam Tayang Youtube Work 100%

Sekilas tentang spesifikasi Samsung Exynos 2200

Detail spesifikasi

  • CPU| Arm Cortex – X2 Flagship Core, Three Cortex A710 (Performance and Efficiency balanced) cores, Four Cortex A510 (little cores – power efficient), 4nm Process, Armv9 Architecture
  • GPU| Samsung Xclipse 920|GPU, AMD RDNA 2 Architecture
  • Modem| 5G NR Sub-6GHz 5.1Gbps (DL) /2.55 Gbps (UL), 5G NR mmWave 7.35Gbps (DL) / 3.67 Gbps (UL), LTE Cat.24 8CA 3Gbps (DL) / Cat.22 4CA 422Mbps (UL)
  • GNSS| GPS, GLONASS, BeiDou, Galileo
  • Camera| up to 200MP in single camera mode, Single-camera 108MP @30fps, Dual-camera 64MP+ 32MP @30fps
  • Video| Up to 8K decoding:, 60fps with 10-bit HEVC(H.265), 30fps with 10-bit VP9, AV1, Up to 8K encoding: 30fps with 10-bit HEVC(H.265), VP9
  • Display | 4K/WQUXGA @120Hz, QHD+ @144Hz
  • Memory| LPDDR5
  • Storage| UFS v3.1

Ponsel dengan Exynos 2200

Sebagai chipset Samsung tercanggih hingga saat ini, diharapkan ponsel Samsung di masa depan akan dilengkapi dengan Exynos 2200 baru. Dan kabarnya Exynos 2200 sedang dalam produksi massal saat ini.

Untuk saat ini, ponsel andalan baru yang hadir dengan Exynos 2200 adalah Samsung Galaxy S22, Galaxy S22+, dan Galaxy S22 Ultra. Smartphone ini akan diumumkan pada 8 Februari, bersama dengan Samsung Galaxy Tab S8 baru. Dikatakan bahwa jajaran S22 juga memiliki platform seluler Snapdragon 8 Gen 1 baru, tetapi Anda dapat mengharapkan variasi dari ponsel ini dengan chipset Exynos 2200.

Leave a Reply

Your email address will not be published.