Manfaat Kesehatan Umbi Kentang
Manfaat Kesehatan Umbi Kentang

Manfaat Kesehatan Umbi Kentang dan Efek Sampingnya!

Manfaat Kesehatan Umbi Kentang dan Efek Samping Yang Harus Anda Perhatikan

Manfaat Kesehatan Umbi Kentang – Manfaat kentang tidak hanya sebagai alternatif pengganti karbohidrat berbentuk nasi, tetapi juga kemampuan untuk menjaga kadar gula darah serta menjaga kesehatan jantung dan kulit. Kentang rendah kalori tetapi kaya protein dan vitamin. Namun, berlebihan dalam konsumsi kentang dapat meningkatkan risiko kanker.

Selain nasi dan singkong, kentang sering dijadikan alternatif pengganti karbohidrat. Ini populer di kalangan masyarakat umum karena murah dan mudah dimasak dengan berbagai cara. Kentang kaya akan karbohidrat dan dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Namun selain memiliki fungsi sebagai pengganti nasi, ternyata masih banyak manfaat kesehatan dari kentang yang mesti anda perhatikan.

Kentang kaya akan nutrisi

Selain singkong dan ubi jalar, kentang bisa dijadikan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat. Kandungan karbohidrat kentang disimpan sebagai pati, namun ada pula yang disimpan sebagai gula. Sedangkan vitamin B mendominasi kandungan vitamin kentang. Selain kandungan karbohidrat kentang yang tinggi, dikutip dari Data Bahan Pangan Indonesia (DKPI), kandungan gizi 100 gram kentang adalah:

  • Air: 83,4 g
  • Kalori: 62 kalori
  • Protein: 2,1 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Karbohidrat: 13,5 gram
  • Serat: 0,5 g
  • Kalsium: 63 miligram
  • Fosfor: 58 miligram
  • Besi: 0,7 mg
  • Kalium: 396 mg
  • Tembaga: 0,4 g
  • Seng: 0,3 mcg
  • Vitamin B1: 0,09 mg
  • Vit-B2: 0,10 mg
  • Vitamin B3: 1mg
  • Vit-C: 21 miligram

Kalori dalam 100 gram kentang rebus adalah sekitar 87 kkal. Kentang juga mengandung bahan khusus yang hanya ditemukan pada tumbuhan, seperti polifenol, sejenis antioksidan. Bahan ini terdapat pada kulit kentang. Baca Juga: Manfaat Menjaga Kesehatan Tubuh

Info Lainnya :  Gerakan Kardio Untuk Pemula dan Tips Memulainya

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Manfaat Kesehatan Umbi Kentang
Kentang

Keunggulan utama kentang adalah sebagai sumber makanan karbohidrat. Karena nilai gizi kentang yang tinggi, jenis umbi ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Tidak hanya kentang sebagai sumber karbohidrat, kentang juga memiliki banyak manfaat, antara lain:

  1. Cocok untuk diet bebas gluten

Bagi yang sensitif terhadap gluten, kentang bisa dijadikan alternatif pengganti nasi yang baik. Tidak hanya orang dengan intoleransi gluten, tetapi juga orang dengan penyakit celiac yang sensitif terhadap gluten bisa makan kentang.

  1. Kentang diet membuat Anda kenyang lebih lama

Kentang bisa menjadi sumber karbohidrat yang tepat untuk menggantikan nasi bagi mereka yang sedang diet penurunan berat badan. Pasalnya, kentang tidak hanya rendah kalori, tapi juga bisa memberi rasa kenyang sehingga bisa mengurangi konsumsi makanan lain. Kentang mengandung protein yang dikenal sebagai Potato Protein Inhibitor 2 (PI2) yang dapat mengurangi nafsu makan, menyebabkan produksi cholecystokinin (CCK), dan menyebabkan rasa kenyang.

Baca Juga: Tips memiliki Badan Ideal

  1. Lindungi hatimu

Manfaat lain dari makan kentang adalah perlindungan jantung. Hal ini karena kentang mengandung vitamin C, vitamin B6, serat dan potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, makan kentang membantu menurunkan kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Penyesuaian kadar gula darah

Kentang mengandung sejenis pati yang disebut pati resisten yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko resistensi insulin dan mengatur kadar gula darah. Penderita diabetes bisa mencoba makan kentang untuk menjaga kadar gula darahnya.

Untuk meningkatkan kandungan pati kentang, rebus terlebih dahulu, masukkan ke dalam kulkas semalaman, dan makanlah selagi masih dingin.

  1. Kolin tinggi

Kentang mengandung banyak kolin, yang baik untuk kesehatan Anda. Kolin membantu dengan pembelajaran, memori, gerakan otot, dan pengaturan suasana hati.

Info Lainnya :  Diet Sehat 30 Hari Tanpa Nasi, Berikut Menunya!

Tidak hanya itu, kolin juga berperan dalam penyerapan lemak, perkembangan awal otak, transmisi sinyal saraf, dan pemeliharaan struktur sel.

  1. Kaya akan antioksidan

Selain kolin, manfaat kentang juga terdapat pada kandungan antioksidannya. Kentang kaya akan antioksidan seperti flavonoid, fenol dan karotenoid yang dapat mencegah radikal bebas.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Pati yang terkandung dalam kentang tidak dapat diproses oleh tubuh dan dikirim ke usus besar untuk digunakan sebagai sumber makanan bagi bakteri baik di perut, sehingga juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  1. Baik untuk tulang

Kalsium, zat besi, magnesium, seng dan fosfor dalam kentang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan keseimbangan tubuh. Namun perlu diperhatikan bahwa konsumsi fosfor yang berlebihan dan kekurangan kalsium dapat menurunkan kepadatan tulang yang menyebabkan osteoporosis.

  1. Membantu metabolisme tubuh

Manfaat lain dari kentang adalah mengandung vitamin B6 yang membantu metabolisme tubuh. Vitamin B6 dikenal sebagai zat yang berguna dalam proses pemecahan protein dan karbohidrat menjadi asam amino dan glukosa.

  1. Kaya akan vitamin C

Kentang juga mengandung vitamin C. Vitamin C sangat membantu dalam menjaga kondisi tubuh.

  1. Mengurangi rasa gatal dan peradangan pada kulit

Menurut para ahli, mashed potato dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit, termasuk luka bakar, mulai dari mengupas hingga menghaluskan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Penelitian telah menunjukkan bahwa kentang dapat mengurangi jerawat dan kutil bila digunakan sebagai masker untuk kulit berminyak, serta mengurangi gatal dan iritasi kulit.

  1. Kesehatan otak

Asam alfa lipoat, enzim yang ditemukan dalam kentang, secara umum dapat meningkatkan fungsi otak dan kognitif. Para ahli sering berpendapat bahwa enzim ini dapat mengontrol gejala penyakit Alzheimer. Selain itu, manfaat kentang ini berasal dari kandungan zinc, fosfor dan vitamin B.

  1. Singkirkan gangguan tidur

Keunggulan kentang selanjutnya adalah kandungan triptofannya. Senyawa alami ini dipercaya dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Tak hanya itu, manfaat potasium pada kulit kentang juga merupakan relaksan otot, sehingga Anda bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.

Info Lainnya :  Manfaat Menjaga Kesehatan Tubuh

Efek Samping Makan Kentang yang Harus Diwaspadai

Meski jarang terdengar, di balik manfaat kentang untuk kesehatan terdapat efek samping yang bisa mengganggu kesehatan Anda. Karena kentang mengandung kalium, maka penderita penyakit ginjal yang kesulitan menyaring kalium dalam tubuhnya sebaiknya menghindarinya.

Selain itu, jangan memasak kentang di atas 120 ° C. Pada suhu seperti itu, kentang menghasilkan senyawa akrilamida yang dapat meningkatkan risiko kanker, gangguan reproduksi, dan saraf.

Hindari makan kentang bertunas dan kentang hijau serta cara memasaknya. Dengan kondisi tersebut, kentang mengandung senyawa solanin yang dapat menyebabkan gangguan darah dan pernapasan, diare, sakit kepala, dan kejang otot.

Jika Anda mengonsumsi beta-blocker atau obat untuk penyakit jantung dalam bentuk beta-blocker, Anda harus membatasi konsumsi kentang karena beta-blocker dapat meningkatkan kadar potasium darah.

Nah, itulah berbagai manfaat dan risiko kentang. Nikmati kentang dengan cara yang benar dan nikmati manfaatnya.

Baca Juga: Tips Terhindar dari Penyakit Berbahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.