Taman Sungai Mudal
Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal, Taman Ekowisata di Kulon Progo

Taman Sungai Mudal, Taman Ekowisata di Kulon Progo

Taman Sungai Mudal, Jika Anda tidak menjelajahi setiap sudutnya, penilaian anda terhadap suatu daerah tidak akan akurat 100%. Padahal, keindahan alam yang mempesona masih terpelihara di pedalaman daerah. Seperti Taman Sungai Mudal di Kulon Progo, Jogjakarta.

Tempat wisata ini seperti surga tersembunyi di Kulon Progo. Karena lokasi tepatnya berada di dalam hutan, Anda bisa merasakan suasana yang asri. Wisatawan yang jauh dan berasal dari pusat kota akan sangat senang menikmati keindahan objek wisata ini.

Tiket Masuk Taman Sungai Mudal

Harga tiket sangat murah untuk masuk ke situs tersebut. Selain itu, pengunjung akan dikenakan biaya parkir untuk setiap kendaraan. Dengan berbekal Tiket Rp-10.000, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan Taman Ekowisata Sungai Mudal

Jam Kerja

Situs wiasta ini bekerja pada waktu yang sama setiap hari. Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dari pagi hingga sore hari. Setiap hari 08.30-15.15WIB

Nikmati Keindahan Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
Kolam Sungai Mudal

Taman Sungai Modal memiliki keindahan yang sangat menarik. Tempat ini merupakan air terjun dengan tangga. Tidak terlalu mahal, tapi ada di beberapa tempat. Mengalir dengan indah ke sungai dan kolam di sekitarnya.

Pengelola membuat kolam yang airnya berasal dari air terjun. Kedalamannya berkisar antara 1 hingga 2 meter. Airnya sangat jernih dan terlihat pirus di kolam. Keindahan kolam aqua ini didukung oleh keindahan alam di sekitarnya.

Info Lainnya :  Pesona Destinasi Wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Tampaknya pepohonan menutupi taman. Hijau dan asri, itulah kesan yang dirasakan pengunjung saat menginjakkan kaki di sini. Anda dapat mendengar kicauan burung dalam tangisan serangga di hutan. Seolah-olah musik alam sangat tenang.

Air Terjun dari Mata Air Gua Perbukitan Menoreh

Air terjun di Taman Sungai Modal ini tidak pernah habis meski datangnya musim kemarau. Hanya saluran pembuangannya yang tidak begitu mahal. Hal ini dikarenakan air terjun tersebut berasal dari goa mata air panas alami di perbukitan Menore. Seperti yang selalu mengalir menuju air terjun ini.

Air ini juga mengalir dari air terjun ke kolam dan sungai di bawahnya. Saat air terjun mengalir dari anak tangga batu, terlihat sangat indah. Karena air terjunnya jernih, Anda bisa melihat dengan jelas dinding batu berwarna kuning kecokelatan.

Sebelumnya, objek wisata ini merupakan kawasan sungai yang sepi dengan semak belukar yang lebat. Dan sekarang, sungai sepanjang 600 meter ini telah kehilangan semak-semak dan menjadi lebih indah. Pengunjung bisa menyusuri sungai yang dangkal. Rasakan dinginnya air dan indahnya pemandangan di sekitar sungai. Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Berlibur ke Gunung Gajah

Menuju ke Kolam di Atas Air Terjun

Kolam di air terjun ini memiliki tangga, beberapa di atas dan di bawah. Wisatawan bisa menaiki tangga untuk mencapai puncak kolam renang. Tangga ini melewati air terjun, tetapi sangat curam dan licin. Namun, pengunjung juga bisa naik ojek ke atas kolam agar tidak cepat lelah.

Info Lainnya :  Taman Langit Pemalang : Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket

Setibanya di kolam, pengunjung bisa langsung menceburkan diri. Nikmati kesegaran mata air panas alami yang bersumber dari pura Bukit Menorah. Ada juga kolam bambu di ujung kolam. Saat lelah berenang, Anda bisa melangkah dan duduk atau beristirahat.

Anak-anak kecil sedang menonton orang dewasa berenang dengan gembira di air terjun. Air yang menyegarkan menciptakan suasana bahagia dan menenangkan pikiran.

Program Tress of Hope

Divisi Modal River Park meluncurkan program “Tress of Hope”. Program ini ditujukan untuk semua pengunjung atau penonton yang datang ke sini. Tempat dimana pengunjung dapat menyumbangkan tanaman kepada pengelolanya. Bisa berupa tanaman hias atau pohon yang ditanam di kawasan wisata.

Tak heran jika banyak tanaman hias di sekitar sungai dan di sepanjang lokasi. Selain itu, berbagai jenis anggrek sedang bermekaran, yang seolah membuat taman menjadi indah. Warna-warni di antara pepohonan yang indah.

Diharapkan program ini juga dapat berkontribusi pada pelestarian lingkungan bagi pengunjung. Terutama lingkungan sekitar tempat wisata. Semoga pengunjung tidak hanya menikmati keindahannya, tetapi juga ikut serta dalam upaya melestarikan atraksi tersebut.

Permainan dan Wahana di Taman Sungai Mudal

Selain wahana pemandangan dan kolam alami, pengunjung juga bisa menikmati wahana lainnya. yaitu, flying fox di lokasi objek wisata ini. Dimana flying fox meluncur melintasi sungai. Sangat melelahkan tapi menyenangkan. Meluncur sambil menyaksikan pemandangan indah pepohonan dan sungai yang jernih.

Info Lainnya :  Nikmati Soto Kadipiro Jogja Paling Enak dan Lokasi Tepatnya

Berfoto di Sungai Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal
Berfoto

Taman sungai modal adalah objek yang sempurna untuk mengambil gambar. Air terjun dengan kolam alami yang jernih terlalu indah untuk dijadikan objek foto. Selain itu, ada Takebashi yang sangat artistik. Jika Anda berfoto di sini, Anda akan melihat wallpaper air terjun.

Beberapa pengunjung juga tampak berfoto di area tangga menuju air terjun. Tangga ini memiliki pegangan bambu sehingga Anda dapat melewatinya dengan aman sepenuhnya.

Fasilitas Taman Sungai Mudal

Modal River Park dilengkapi dengan fasilitas untuk menunjang pengunjung. Diantaranya adalah menara pengawas untuk rest area. Selain itu warung-warung siap mengisi perut pengunjung. Ada juga fasilitas umum seperti toilet dan tempat parkir.

Situs Lokasi Taman Sungai Mudal

Tempat wisata ini terletak di desa Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Situs wisata ini berjarak sekitar 38 km dari Yogyakarta. Anda bisa sampai di sana dalam waktu kurang dari satu jam dengan mobil pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.