Gejala Penyakit Jantung pada Wanita
Gejala Penyakit Jantung pada Wanita

Gejala Penyakit Jantung pada Wanita dan Pencegahannya

Gejala Penyakit Jantung pada Wanita dan Pencegahannya

Gejala Penyakit Jantung pada Wanita, Penyakit jantung menjadi salah satu momok menakutkan bagi banyak orang, Kematian Terbesar di dunia disebabkan oleh Penyakit ini. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia, 17,3 orang meninggal karena penyakit jantung pada tahun 2003. Sementara itu, pada tahun 2011, 243.048 orang meninggal karena penyakit jantung di Indonesia.

Lebih buruk lagi, Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa pada tahun 2030, penyakit jantung dapat membunuh 23,3 juta orang setiap tahun. Banyak orang meninggal karena penyakit jantung karena gaya hidup yang tidak sehat. Jumlah ini bisa terus bertambah jika perkembangan gaya hidup modern dan gaya hidup sehat tidak seimbang.

Dengan banyaknya orang yang menderita penyakit jantung dan banyak yang meninggal karena penyakit jantung, banyak penelitian medis telah dilakukan untuk menemukan gejala awal penyakit jantung. Kesadaran dini akan gejala penyakit jantung dapat membantu memberikan bantuan medis yang paling tepat untuk mengurangi jumlah orang yang meninggal karena penyakit jantung.

Sayangnya, kebanyakan penderita penyakit jantung mengalami gejala awal, namun pasien sering mengabaikan gejala tersebut dan tidak segera memeriksakan diri ke dokter. Untuk alasan ini, banyak orang dengan penyakit jantung harus mati karena tidak mendapatkan pengobatan yang tepat dan cepat. Baca Juga: Mengatasi Masalah Ginjal

Tanda-tanda penyakit

Berdasarkan banyak penelitian medis, banyak mengetahui gejala berbagai jenis penyakit jantung. Secara umum, mengenali gejala penyakit jantung pada pria lebih mudah daripada mengenali gejala penyakit jantung pada wanita. Alasan pria lebih mungkin mengenali gejala penyakit jantung adalah karena penyakit jantung lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Namun, jika wanita tidak menerapkan gaya hidup sehat, mereka juga berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Karena jumlah pria dengan penyakit jantung meningkat, wanita sering mengabaikan gejala penyakit jantung. Tidak hanya itu, karena gejala penyakit jantung pada wanita seringkali mengarah pada gejala penyakit lain, banyak wanita yang salah mengidentifikasi penyakitnya dan tidak segera memeriksakan diri ke dokter. Lantas apa saja gejala penyakit jantung pada wanita? Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Sakit dada

Gejala Penyakit Jantung pada Wanita
Ilustrasi Nyeri Dada

Nyeri dada adalah gejala umum penyakit jantung. Gejala penyakit jantung berupa nyeri dada, umumnya dirasakan di dada sebelah kiri. Namun, nyeri dada yang dirasakan wanita pengidap penyakit jantung tidak terbatas pada area di sebelah kiri. Penderita penyakit jantung pada wanita mungkin mengalami gejala nyeri dada kiri. Namun, nyeri dada juga dirasakan di seluruh bagian dada.

Nyeri dada biasanya terasa di bawah tekanan kuat yang berlangsung selama beberapa menit dan kemudian menghilang atau bolak-balik. Selain nyeri pada sisi kiri dan nyeri pada seluruh bagian dada, wanita penderita penyakit jantung juga dapat mengalami gejala berupa nyeri pada dada sisi kanan. Akibatnya, banyak wanita tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit jantung. Kebanyakan dari mereka percaya bahwa gejala suatu penyakit adalah gejala dari penyakit lain.

  1. Sakit di bagian tubuh yang lain

Bukan hanya nyeri dada. Saat gejala penyakit jantung muncul, nyeri dada bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Bagian tubuh lain yang merasakan sakit adalah leher, lengan, dagu, dan punggung. Pria dengan penyakit jantung biasanya tidak merasakan sakit di beberapa area tersebut. Oleh karena itu, banyak wanita yang percaya bahwa rasa sakit di area tersebut bukanlah penyakit jantung.

Info Lainnya :  Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot Ampuh

Akibatnya, banyak wanita yang tidak segera memeriksakan diri saat mengalami gejala tersebut. Nyeri biasanya muncul tiba-tiba tanpa mengidentifikasi penyebabnya. Bahkan wanita yang mengalami gejala ini bisa tiba-tiba terbangun dari tidurnya karena rasa sakit yang sangat tidak menyenangkan. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda harus mewaspadai bahwa kondisi tersebut dapat mengindikasikan gejala penyakit jantung.

  1. Sakit perut disertai mual

Siapa sangka sakit perut juga merupakan gejala penyakit jantung? Ditemukan bahwa gejala penyakit jantung pada wanita juga dapat menunjukkan adanya gejala sakit perut. Orang dengan sakit perut biasanya menganggap gejala ini sebagai tanda penyakit ulseratif atau gangguan asam. Namun, jika Anda sering mengalami sakit perut yang parah disertai mual, bisa jadi itu merupakan tanda penyakit jantung.

Sakit perut, yang menunjukkan penyakit jantung, biasanya nyeri seperti tekanan dari benda berat. Dalam beberapa kasus, sakit perut dapat menyebar ke epigastrium. Wanita dengan penyakit jantung akan mengalami gejala sakit perut di bagian atas, lebih tepatnya di daerah epigastrium.

  1. Sesak nafas

Sesak napas adalah gejala penyakit jantung yang paling umum. Hampir setiap orang dengan penyakit jantung memiliki gejala sesak napas. Sayangnya, banyak wanita atau orang yang memiliki penyakit jantung dan sesak napas menganggap sesak napas mereka sebagai gejala gangguan pernapasan yang normal, bukan gejala penyakit jantung.

Penderita penyakit jantung mengalami sesak napas karena jantung tidak mampu memompa darah secara optimal, aliran darah yang membawa oksigen ke paru-paru tidak maksimal, dan menyebabkan sesak napas. Selain ke paru-paru, oksigen mungkin tidak maksimal menjangkau organ lain di dalam tubuh. Kondisi ini dapat diperparah jika tidak segera ditangani.

  1. Keringat dingin

Orang dengan penyakit jantung biasanya berkeringat dingin. Saya berkeringat dingin ketika saya aktif atau tidak. Biasanya, Anda mendapatkan keringat dingin di telapak tangan Anda. Saat pengidap penyakit jantung merasa stres, keringat dingin semakin menjadi. Sayangnya, gejala keringat dingin seringkali salah diidentifikasi. Gejala keringat dingin di telapak tangan hampir sama dengan gejala paru-paru basah dan radang paru-paru. Oleh karena itu, banyak wanita yang sering mengabaikan kondisi ini.

  1. Tubuh Mudah Cepat Lelah

Gejala penyakit jantung pada wanita selanjutnya adalah mereka cenderung mudah lelah. Sekitar 70% wanita dengan penyakit jantung menderita ini. Pada umumnya wanita dengan gejala tersebut pertama kali mengalami kelelahan dada, yang kemudian menjalar ke seluruh bagian tubuh. Malaise ini mungkin disebabkan oleh terhambatnya suplai darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Organ dengan suplai oksigen yang tidak mencukupi secara otomatis akan mengalami masalah pengoperasian.

Info Lainnya :  Cara Mengobati Kutu Air Dengan Kunyit

Kelelahan yang dialami oleh penderita penyakit jantung pada awalnya ringan, namun lama kelamaan penderita menjadi sangat lelah. Bahkan penderita penyakit jantung tidak mau atau malas melakukan aktivitas apapun, termasuk aktivitas ringan seperti minum di dapur dan berbagai aktivitas ringan lainnya.

  1. Sakit kepala atau pusing

Salah satu gejala penyakit jantung adalah sakit kepala atau pusing. Selain pusing, gejala lain yang mungkin mengikuti adalah pingsan, pusing, dan gangguan tidur. Sakit kepala kemungkinan besar disebabkan oleh jantung yang tidak berfungsi, yang mengurangi aliran darah ke otak. Kondisi ini secara otomatis mengurangi suplai oksigen dan glukosa ke otak. Jika kondisi tersebut berlangsung lama, penderita bisa pingsan karena suplai oksigen di otak tidak terpenuhi dengan baik. Pasien juga dapat mengalami gangguan tidur akibat kondisi ini.

  1. Kurang nafsu makan

Sakit perut dan mual yang dialami oleh wanita dengan penyakit jantung juga menyebabkan hilangnya nafsu makan yang tajam. Kondisi ini secara bertahap memperburuk kondisi pasien dan menyebabkan penurunan berat badan.

  1. Pembengkakan pada bagian tubuh

Pada kasus yang parah, penyakit jantung yang tidak segera diobati menyebabkan tubuh pasien membengkak. Kondisi ini terjadi ketika penyakit jantung menyebabkan komplikasi berupa kerusakan ginjal. Ketika ginjal menjadi tidak berfungsi, filtrasi cairan terganggu. Ketika ini terjadi, air menumpuk di dalam tubuh dan tubuh pengidap penyakit jantung membengkak.

Ini adalah gejala penyakit jantung pada wanita. Tidak semua penderita penyakit jantung memiliki semua gejala di atas. Pasien hanya dapat memiliki 1 hingga 3, 2 hingga 5, atau beberapa gejala lainnya. Namun, jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, segera periksakan ke dokter. Gejala penyakit jantung pada wanita sangat mirip dengan penyakit lainnya. Jika Anda menoleransi gejala yang Anda rasakan lebih buruk, kondisi fisik Anda bisa memburuk. Oleh karena itu, deteksi dini sangat penting untuk mengambil tindakan korektif yang paling tepat.

Info Lainnya :  Hidup Sehat Meningkatkan Produktifitas, ini Alasannya!

Cara mencegah penyakit jantung

Bagi yang belum pernah mengidap penyakit jantung, melakukan tindakan pencegahan adalah langkah paling tepat untuk menghindari penyakit jantung itu sendiri. Mau tau caranya mencegah penyakit jantung? Dibawah ini beberapa Tindakan pencegahan yang memungkinkan anda terhindar dari penyakit jantung.

  1. Peraturan diet

Salah satu faktor penyebab penyakit jantung adalah pola makan yang salah. Untuk mencegah penyakit ini, Anda bisa memulainya dengan pola makan yang tepat. Hindari makanan berlemak seperti daging tanpa lemak, isi perut, dan makanan yang digoreng. Makanan berlemak dapat menyebabkan akumulasi atau pengendapan di dinding pembuluh darah, menghalanginya, dan akhirnya menyebabkan masalah jantung.

Anda bisa memulainya dengan mengatur pola makan dengan asupan buah dan sayur yang tepat. Kedua jenis makanan tersebut kaya akan serat dan vitamin untuk tubuh, pastinya sangat efektid mencegah penyumbatan pembuluh darah. Anda juga bisa makan ikan. Asam lemak omega 3 pada ikan sangat baik untuk Kesehatan jantung.

Ingatlah untuk memperlakukan makanan Anda dengan cara yang sehat, seperti merebus atau mengukus. Hindari menangani makanan dengan makanan yang digoreng atau dipanggang.

  1. Jangan merokok

Merokok telah terbukti menjadi faktor risiko penyakit jantung. Selain merokok, juga dapat menyebabkan kanker dan stroke. Nikotin yang terkandung dalam tembakau merupakan racun yang menyebabkan aterosklerosis, yaitu penyumbatan pembuluh darah, dan menyebabkan penyakit jantung. Pada kenyataanya merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat membunuh anda.

  1. Menstabilkan tekanan darah

Penyebab utama penyakit jantung diketahui adalah tekanan darah tinggi. Menstabilkan tekanan darah adalah solusi paling efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Menghindari makanan asin dan berlemak, berolahraga secara teratur, menghindari minuman beralkohol, dan mengonsumsi obat antihipertensi dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi.

  1. Hindari penggunaan kontrasepsi berupa pil

Mengambil kontrasepsi Pil juga dapat menyebabkan penyakit jantung. Jika ingin terhindar dari penyakit jantung, gunakan alat kontrasepsi jenis lain. Bicaralah dengan dokter kandungan Anda untuk menggunakan kontrasepsi yang paling tepat untuk kondisi fisik Anda.

Itulah gejala penyakit jantung dan cara pencegahannya. Gejala penyakit jantung mirip dengan penyakit lain dan dapat salah diidentifikasi pada wanita. Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, segera periksa. Menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.