Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Tips dan Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Mau tidak mau, mengatur dan mengelola keuangan harus dilakukan oleh setiap orang terutama generasi millennial. Cara mengatur keuangan pribadi bisa diperoleh dari berbagai literasi finansial yang merupakan bekal untuk menjalani kehidupan setiap harinya yang kadang tidak terduga seperti saat ini terjadi pandemi.

Tingkatkan literasi keuangan agar bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan sehingga keputusan mengenai keuangannya lebih cerdas. Urusan ini tidak bisa dipandang sebelah mata agar tidak menimbulkan masalah lebih besar.

Untuk mencapai merdeka finansial, Anda harus menerapkan cara mengatur keuangan seperti apa. Kemudian melakukan evaluasi dari cara-cara yang sudah dilaksanakan itu agar merdeka finansial bisa tercapai dengan baik.

Baca Juga : Mengenal Ekonomi Kreatif : Pengertian, Konsep, Jenis dan Cirinya

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

1. Konsumsi Informasi Bermanfaat Mengenai Keuangan

Blog, podcast, video Youtube hingga webinar mengenai keuangan bisa meningkatkan pengetahuan yang berkaitan dengan keuangan. Dengan mengetahui dasar-dasar finansial seperti investasi, dana darurat, asuransi, maka bisa menimalisir resikonya.

2. Tentukan Tujuan Finansial

Memiliki tujuan finansial bisa membantu Anda untuk bisa termotivasi lebih dalam mengelola keuangan sebaik mungkin. Tujuan finansial tidak perlu muluk-muluk, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam jangka waktu tertentu.

3. Catatlah Pengeluaran Dan Pemasukannya

Setiap pemasukan yang diperoleh bisa dicatat, sebaiknya Anda meluangkan waktu yang cukup. Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, gambaran dari kemampuan finansial Anda bisa diperoleh dengan cukup jelas. Sehingga bisa jauh lebih mudah ketika harus mengarahkan uang yang dimiliki untuk suatu hal yang penting.

Info Lainnya :  Pemkab Sumbawa Menarget Vaksinasi Covid-19 Tercepat

4. Sesuaikan Gaya Hidup

Poin yang keempat dari Cara Mengatur Keuangan Pribadi yakni harus bisa menyesuaikan gaya hidup. Sebaiknya gaya hidup bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial dan tidak berlebihan dalam menggunakan uang.

5. Membeli Produk Asuransi

Produk asuransi setidaknya bisa memberikan perlindungan terhadap berbagai hal yang dimiliki, seperti asuransi jiwa, asuransi pendidikan atau juga asuransi kesehatan. Tidak sedikit penyakit yang tidak terduga bisa menyerang Anda dan mengurang kantong untuk melakukan pengobatannya.

Evaluasi Cara Mengelola Keuangan Pribadi

Cara Mengatur Keuangan Pribadi
Saat inilah sudah waktunya untuk bisa berpikir kreatif untuk menghasilkan uang terlebih setelah pandemi menyerang semua orang. Hambatan di bidang finansial secara perlahan bisa diselesaikan dengan pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Seperti saat ini setelah terjadinya pandemi maka generasi millennial dituntut untuk pintar memutar otak mengelola keuangannya.

1. Harus Melakukan Penghematan

Sebagian besar dari generasi millennial menyebutkan bahwa pandemi covid-19 membuatnya harus melakukan penghematan untuk seluruh keuangan pribadinya. Dengan demikian bisa melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan keuangan secara lebih baik.

Dari 1000 orang, sebanyak 30% menyatakan bahwa mereka sedang berusaha lebih keras menghemat banyak uang. Bahkan melakukan pembicaraan dengan penasihan keuangan mengenai situasi keuangannya.

Berbicara dengan penasihat keuangan bisa menjadi modal yang bagus untuk memperbaiki kondisi keuangan.

2. Investasi Untuk Diri Sendiri

Cara Mengelola Keuangan Pribadi salah satunya berinvestasi ke dalam diri sendiri. Apalagi selama pandemi ini berbagai hal menjadi tidak pasti, cara terbaiknya adalah investasi untuk diri sendiri.

Info Lainnya :  Cara Membuat Bot Whatsapp Tanpa Aplikasi

Sebanyak 32% dari pemasukan uangnya digunakan untuk kesehatan pribadi. Kemudian 25% digunakan untuk pengembangan profesionalitas pribadi seperti melakukan sertifikasi keahlian.

3. Teliti Kembali Pengeluarannya

Terkadang lupa menggunakan uang untuk pos anggaran yang mana, untuk itu jika Anda melakukan kesalahan yang tidak sesuai perencanaan keuangan, maka tidak boleh diulangi.

Sebaiknya buatlah catatan khusus untuk memastikan Anda tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari. Apalagi jika sampai mengganggu setiap rencana keuangan yang telah disusun. Ingat tujuan keuangan yang akan Anda capai agar tidak melakukan kesalahan.

Ciri-Ciri Kita Sudah Merdeka Finansial

Setiap orang ingin mendapatkan kondisi merdeka finansial agar tidak lagi mengkhawatirkan kondisi keuangannya. Apapun pekerjaan dan dari mana penghasilan Anda, Anda isa mencapai merdeka finansial setelah mempraktekkan cara mengelola keuangan pribadi dan mengevaluasinya.

Tanda merdeka finansial bisa dilihat dari beberapa hal di bawah ini,

1. Tidak Memiliki Masalah Cashflow Bulanan

Ketika sudah merdeka finansial, maka bisa dipastikan tidak memiliki masalah dengan perputaran uang setiap bulannya. Selama memiliki pemasukan, maka seharusnya tidak memiliki masalah cashflow.

2. Bebas dari Utang Konsumsi

Utang konsumsi ini menandakan bahwa orang tersebut belum memiliki perputaran uang yang baik. Maka bebas dari utang konsumsi harus bisa tercapai agar merdeka finansial dengan baik.

Hindari utang konsumsi apalagi yang tidak begitu penting agar cara mengelola keuangan pribadi Anda semakin berhasil.

Info Lainnya :  Masakan Khas Surabaya, 10 Rekomendasi Kuliner!

3. Siapkan Dana Darurat

Dana Darurat itu penting, apalagi setelah pandemi melanda membuat orang-orang semakin sadar. Dana darurat bisa menyelamatkan hidup.

Mengumpulkan dana darurat bisa dilakukan jauh-jauh hari agar tidak memberatkan. Meskipun tidak memiliki bunga, dana darurat bisa menyelamatkan kondisi keuangan di masa genting seperti selama pandemi dimana pemasukan berkurang.

4. Punya Investasi dan Tabungan

Baca Juga :  Pantai Ngandong, Destinasi Alam Bak Surga yang Fenomenal

Merdeka finansial berawal dari perencananaan keuangan yang baik, investasi dan tabungan menjadi salah satu instrument penting. Dengan melakukan investasi dan tabungan, setidaknya pos pemasukan tidak hanya bergantung pada satu pos. Investasi menguntungkan bisa menambah pemasukan secara berkala dan membantu menyelesaikan berbagai hambatan keuangan.

Cara Mengelola Keuangan Pribadi, Mengevaluasinya hingga bisa merdeka finansial merupakan tahapan yang harus Anda lalui dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *