Konsep Ekonomi Kreatif

Mengenal Ekonomi Kreatif : Pengertian, Konsep, Jenis dan Cirinya

Era globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin maju pesat menciptakan konektivitas yang tidak lagi terbatas. Akhirnya mengubah pola serta gaya hidup, kini tercipta sebuah istilah ekonomi kreatif, Anda sudah mengetahui konsep ekonomi kreatif?

Ya, ekonomi kreatif ini lahir dari perkembangan teknologi yang banyak mengubah cara konvensional menjadi lebih kekinian. Perubahan ke arah ekonomi kreatif ini sangat dinamis dan kompleks karena produknya nanti lebih inovatif.

Masyarakat pun dituntut untuk membuat, mencari, mencoba bahkan menemukan cara untuk mendapatkan inovasi dalam bisnisnya itu.

Muncullah istilah ekonomi kreatif yang menjadi landasan untuk menciptakan kreatifitas dan pengetahuan sebagai assetnya. Dari situ kemudian bisa menggerakkan bisnis juga ekonomi secara menyeluruh.

Konsep ekonomi kreatif banyak memicu negara lain untuk mengembangkannya sebagai roda penggerak perekonomian. Lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga : Tips dan Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Mengenal Konsep Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif merupakan konsep era ekonomi baru yang lebih banyak mengandalkan ide-ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama. Dari konsep tersebut kemudian lahirlah dan didukung dengan adanya keberadaan industri kreatif sebagai wadah nyata.

Konsep ini terus berkembang karena banyak pengusaha kreatif yang berhasil menuangkan ide dan kreativitasnya. Sehingga produk dengan inovasi tinggi berhasil diciptakan oleh industri kreatif.

Tak hanya itu, ekonomi kreatif juga mendapatkan dukungan pemerintah, di Indonesia sendiri berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Perkembangan dari para pelaku sektor kreatif berharap bisa menjadi salah satu pilar pemasukan dan perekonomiannya.

Info Lainnya :  Lengkap! Cara Melihat Orang Yang Melihat FB Kita 2021

Menurut studi kasus mengenai pertumbuhan bisnis kreatif ini, nilai pertumbuhan ekonomi kreatif berada di atas sektor lain. Pertumbuhannya bisa mencapai 5,67%, angka yang cukup bagus untuk bersikap optimis terhadap industri kreatif.

Jenis – Jenis Ekonomi Kreatif

Konsep Ekonomi Kreatif

Di Indonesia, industri kreatif sedang populer dimana hampir seluruh masyarakat menyadari terhadap perkembangan ekonomi ke arah ekonomi kreatif. Dari situ konsep ekonomi kreatif terus berkembang dan melahirkan beberapa jenis, yakni:

1. Arsitektur

Industri kreatif arsitektur bisa berbentuk desain bangunan, desain ruangan untuk kebutuhan sehari-hari, desain rumah sesuai permintaan konsumen, desain kantor, dan lainnya. Tak hanya itu, ekonomi kreatif jenis arsitektur melibatkan bahan baku lokal seperti rotan dan kayu jati untuk desain interiornya.

2. Iklan

Jika dulu hanya mengandalkan iklan TV, radio, media cetak dan brosur, kini mengalami perkembangan. Iklan di era ekonomi kreatif sudah masuk ke media sosial, website, flash mob hingga mengadakan kerjasama dengan influencer.

Tentu saja media iklan tersebut menggunakan ide-ide segar sebagai konsep ekonomi kreatif yang paling fundamental.

3. Handcraft atau Kerajinan Tangan

Pada bidang seni, inovasi bisa terlihat pada produk yang menghasilkan nilai seni tinggi. Pengusaha lokal dengan usaha kecil menjalin kerjasama dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif di lingkungannya.

Karena bernilai seni, tidak heran jika erat kaitannya dnegan nilai tradisi lokal dan kebudayaan Indonesia.

Info Lainnya :  Siap Mewujudkan Resolusi 2022? Berikut Tipsnya!

4. Kuliner

Urusan perut sepertinya tidak akan ada matinya. Inovasi di bidang ini seakan-akan bersifat mutlak agar orang-orang tetap bisa menikmati makanannya.

Perkembangan kuliner sebagai bisnis industri kreatif tidak memiliki batasan, semakin kreatif berarti semakin meningkat peminat kulinernya.

5. Film, Video dan Fotografi

Sebagai salah satu jenis ekonomi kreatif, bidang yang satu ini bisa dilihat dari kemampuan pelaku industri untuk menciptakan nilai seni yang tinggi. Bahkan melalui ide yang dituangkan dalam bentuk film atau video, itu tidak terbatas kreativitasnya.

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif

Konsep ekonomi kreatif menawarkan ide yang lebih fleksibel, bahkan bisa menembus berbagai kalangan sesuai tingkat penerimaannya. Semakin kreatif ide yang ditawarkan, maka biasanya bisa mencapai semua kalangan tanpa batasan.

Karakteristik ekonomi kreatif bisa dikenali dari poin-poin yang ada di bawah ini.

1. Berbasis Ide Dan Gagasan Yang Fresh

Sudah barang tentu bahwa bisnis kreatif harus diisi oleh ide dan gagasan yang dimiliki para pelakunya. Jika satu karakteristik ini hilang, maka tidak lagi bisa disebut sebagai ekonomi kreatif.

2. Berkembang Secara Terbuka dan Tidak Terbatas

Bisnis kreatif berkembang secara terbuka dan penuh inovasi karena tidak mengikuti cara kolot dalam menghasilkan produknya.

3. Hasil Kreasi Intelektual

Bahkan kalau perlu, setiap karya ekonomi kreatif harus memiliki hak cipta agar tidak tidak terjadi tindakan plagiat. Produk tersebut merupakan proyeksi dari kreativitas, talenta dan kekayaan intelektual yang dimilikinya.

Info Lainnya :  Focus Group Discussion (FGD) Membahas Usulan Kinerja Polri

4. Bersifat Relatif dan Mudah Tergantikan

Bisnis ini sangat bergantung pada kemajuan zaman dan teknologi yang sedang digunakan. Maka sejak awal konsep ekonomi kreatif membutuhkan inovasi tanpa henti.

Bagaimana perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia?

Sebenarnya sudah sejak lama industri kreatif coba dikembangkan, lebih tepatnya sejak 2006 silam. Awalnya belum terpusat dan hanya tersebar di beberapa daerah dengan level yang kecil.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu berinisiatif untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif. Secara nasional digaungkan dengan merangkul banyak pihak yang memiliki hubungan dengan sektor ini.

Baca Juga : Pantai Ngandong, Destinasi Alam Bak Surga yang Fenomenal

Kemudian diikuti dengan pengembangan ekonomi kreatif di setiap wilayah Indonesia, salah satunya berada di bawah Departemen Perdagangan tahun 2007. Di tahun itu juga terdapat Studi Pemerataan Kontribusi Industri Kreatif Indonesia pada Trade Expo Indonesia.

Akhirnya, kini terdapat Kementerian yang lebih serius dalam menangani Konsep Ekonomi Kreatif melalui Kementerian Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.