Bukit Panguk Kediwung

Wisata Di Atas Awan Di Bukit Panguk Kediwung Jogja

Mengunjungi Bukit Panguk Kediwung tidak akan lepas dari bayangan tentang mealngkah di atas awan. Maksud melangakah di atas awan adalah karena tempat wisata ini memang dikelilingi oleh awan nan berkumpul cantik seolah mengawal hamparan bukit di sekitar bukit.

Pemandangan eksotis yang merupakan anugerah Sang Pencipta di Bukit Panguk Kediwung benar-benar dinikmati oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Spot menawan dikelilingi hamparan teduh awan yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Baik untuk melakukan swafoto maupun hanya menikmati secuil keindahan surga. Mau berkunjung kesana? Simak ulasan berikut.

Baca Juga : Pesona Destinasi Wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Bukit Panguk Kediwung Pesona Melangkah Di Atas Awan

Mendengar kata bukit tentu kita akan memikirkan tempat yang tinggi dan bagi yang phobia ketinggan mungkin akan memilih untuk tidak mengujunginya. Tapi siapa tahu dengan keelokannya malah dapat mengobati phobia ketinggian. Inilah ulasan tentang tempat menawan ini.

Pemandangan dari ketinggian bahkan terasa berada di atas awan merupakan salah satu kelebihan objek wisata ini. Walau baru beberapa tahun sejak 2016, namun tempat ini begitu favorit di mata wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempatnya memang terlihat seperti lokasi wisata di luar negeri.

Ya biasanya tempat yang seolah terlihat berada di luar negeri lebih difavoritkan oleh orang Indonesia. Ya karena terlihat keren dan sungguh tidak memalukan untuk dipajang di Instagram. Makanya banyak yang senang berkunjung ke sini. Murah meriah keren mentereng.

Info Lainnya :  Pantai Ngandong, Destinasi Alam Bak Surga yang Fenomenal

Lokasi dan Rute Bukti Panguk

Lokasi tepatnya berada di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Meskipun belum pernah mengunjungi tempat ini, kekhawatiran akan tersesat tidak perlu dikhawatirkan. Sangat mudah mencapai tempat ini yang hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Bagaimana caranya menggapai tempat yang eksotik dan menarik ini? Gampang saja, silahkan berkendara menuju arah selatan atau Jalan Imogiri Timur. Lalu tinggal mengikuti jalan sampai Pasar Imogiri, belok kiri, kemudian teruskan petualangan ke arah Dlingo, mulai dari situ akan ada petunjuk jalan yang memang disediakan oleh pemerintah daerah setempat.

Jalanan menuju kesana enak sekali dengan aspal yang halus dan kontur yang naik turun. Belum sampai saja sudah disuguhkan perjalanan yang asik. Ada anjuran yang sebaiknya diikuti yaitu gunakan kendaraan pribadi saat berwisata ke Bukit Panguk Kediwung. Ternyata akses kendaraan umum menuju kesana lumayan sulit. Jadi demi kenyamanan, sewa saja kendaraan bila tidak punya kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk

Bukit Panguk Kediwung

Tempat-tempat wisata di Yogyakarta memang rata-rata murah namun tidak mengecewakan. Bayangkan dengan suguhan alam nan elok penuh pesona, hanya dikenakan biaya tiket 3000 rupiah saja lho. Untuk parkir hanya dikenakan tarif parkir 2000 rupiah. Wah sangat hemat kan.

Lalu fasilitas apa saja yang terdapat di Bukit Panguk Kediwung. Apa yang merupakan spot andalan wisata ini? Di tempat ini disediakan gardu-gardu pandang tempat menikmati pemandangan ke bawah. Di bawah bukit yang terlihat adalah hamparan awan dengan sungai yang diapit oleh bukit-bukit. Rupanya pemandangan seperti ini sangat disukai oleh para pengunjung. Memang indah tak perlu diragukan.

Info Lainnya :  Curug Bengkawah : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Fasilitas Yang Tersedia

Gardu-gardu tersebut menjorok ke arah tepi bukit dan dbuat untuk dinikmati dan untuk yang berselfie ria sangat mantap tentunya spot ini. Ada beberapa gardu yang disediakan. Gardu tersebut terbentang di ujung jembatan panjang. Gardu berbentuk kupu-kupu dan lainnya makin menambah keunikan spot tersebut. Ada dua bagian gardu pandang. Gardu timur dan gardu selatan.

Gardu pandang yang pertama yaitu gardu timur diperuntukan bagi mereka yang tertarik menikmati sunrise di waktu pagi ketika matahari mulai menyembulkan wajahnya. Perlu diketahui untuk menikmati sunrise di gardu timur, dikenakan biaya 3000 rupiah per 3 menit. Harus diberi waktu karena waktunya singkat, tempat terbatas, dan banyak yang ingin menikmati. Agar lebih banyak orang yang menikmati maka dibuatlah batasan itu.

Gardu pandang selanjutnya ada di bagian selatan Bukit Panguk Kediwung, nah spot ini agak berbeda dengan yang sebelumnya. Di sini semua bebas berlama lama kok dan tidak ada lagi biaya tambahan yang harus dibayar. Bukankah menyenangkan menikmati pemandangan indah tanpa harus buru-buru?

Bagi yang tidak suka mengunjungi pantai namun menyukai pemandangan saat matahari terbit dan terbenam, nah Bukit Panguk Kediwung ini salah satu alternatif yang disarankan untuk dikunjungi. Agar memiliki kesempatan untuk menikmati sunrise dan sunset, maka sebaiknya pergi kesana di musim kemarau.

Baca Juga : Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan

Info Lainnya :  Curug Barong Pemalang : Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Ya setelah hujan pastinya matahari terbit tidak akan terlihat. Sayang kan jauh-jauh keindahan yang dicari tak ditemui. Tapi pemandangan saat sore hari selalu indah kok. Jadi meskipun tidak mendapatkan sunrise, dapatlah terobati dengan pemandangan sunset di sana.

Bukit Panguk Kediwung memang sangat indah dan cocok sekali dijadikan tujuan wisata saat berkunjung ke Bantul, Yogyakarta. Ingat jangat lewatkan sunrise yang super duper elok. Lautan awan yang terbentang di sekitarnya juga tak akan terlupakan. Coba kunjungi tempat ini dan dijamin akan merasakan kerinduan untuk berkunjung lagi. Jangan lupa ajak orang-orang terkasih agar makin cetar wisatanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *