air terjun Luweng Sampang

7 Daya Tarik Air Terjun Luweng Sampang

Keindahan alam selalu menjadi pusat perhatian oleh orang-orang. Sebagai objek wisata atau ajang melepas kepenatan diluar kegiatan sehari-hari. Salah satu keindahan alam yang diminati adalah air terjun. Di daerah Yogyakarta terdapat air terjun yang sedang banyak dikunjungi yaitu air terjun Luweng Sampang. Nah untuk mengetahui daya tarik dari air terjun tersebut adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Wisata Di Atas Awan Di Bukit Panguk Kediwung Jogja

1. Asal Usul Air Terjun Luweng Sampang

Pemberian nama Luweng Sempang sesuai dengan bentuk air terjunnya. Alirannya berbentuk lobang yang dalam bahasa Jawa adalah Luweng. Adapun Sampang adalah nama desa tempat air tersebut berada. Alamat lengkap dari tempat ini adalah Jalan Juminahan, Dusun Mongkorng, Desa Sampang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Pesona Air Terjun

Air terjun Luweng Sampang merupakan air terjun musiman dengan ketinggian 5 meter. Meskipun demikian, debit air sebenarnya sangat dipengaruhi oleh musim yang sedang berlangsung. Saat musim penghujan, debit air akan besar, sebaliknya pada musim kemarau, debit air akan sedikit. Kejernihan air juga sama, kadang sangat jernih juga bisa berubah menjadi kecoklatan.

Lokasi air terjun berada diantara dua tebing yang tidak terlalu tinggi. Memiliki kolam yang cukup lebar yang menjadi favorit para pengunjung untuk mengabadikan momen kebahagiaan. Tebing terbentuk akibat erosi air yang terlihat seperti kikisan beraturan dari sisi atas hingga ke sisi bawahnya. Tekstur atau relief bebatuan berbentuk garis-garis. Adapun airnya mengalir melalui sela-sela batuan yang besar.

Info Lainnya :  Wisata Di Atas Awan Di Bukit Panguk Kediwung Jogja

3. Taman Yang Sangat Indah

Disekitar air terjun terdapat sebuah taman yang sangat indah. Dilengkapi dengan gazebo sebagai spot foto-foto pengunjung. Keindahan mulai terlihat saat menaiki anak tangga, yaitu adanya tumpukan batu yang tersusun rapi yang membentuk sebuah jalur. Suasana taman sangat sejuk dan teduh, sehingga pengunjung bisa merasa nyaman dan juga mengabadikannya lewat foto-foto yang bagus.

4. Rute Air Terjun Luweng Sampang

air terjun Luweng Sampang

Rute awal menuju ke air terjun Luweng Sampang dapat melalui Klaten atau Wonosari. Jika pengunjung ingin melewati jalur Klaten, pilih arah menuju ke stasiun Srowot, pasar Wedi, Gantiwarno ke Desa Jogoprayan. Karena air terjun ini diapit oleh Desa Sampang dan Desa Jagoprayan, maka jalur ini cukup mudah dan jelas. Jika Anda merasa sedikit bingung, jangan lupa untuk bertanya pada warga sekitar.

Untuk jalur kedua, saat pengunjung melewati Wonosari pilih jalur ke Patuk, Nglipar dan Gedangsari. Ketika masuk di Desa Sampang, ikuti jalan utama menuju ke pertigaan Nglipar. Dari jarak dekat yaitu sekitar 5 meter, pengunjung sudah dapat melihat area tempat wisata tersebut. Jika masih mengalami kesulitan, gunakan bantuan google maps lalu ikuti petunjuk yang diberikan.

5. Jam operasional 24 jam

Tempat wisata air terjun Luweng Sampang bisa dikunjungi kapanpun atau buka 24 jam dari hari Senin hingga hari Minggu. Akan tetapi untuk saran waktu kunjungan, sebaiknya pada pagi atau siang hari. Hal tersebut dikarenakan agar pengunjung memiliki banyak waktu untuk menikmati keindahan alam yang tersedia. Selain itu, saat sore hari biasanya orang-orang yang datang sudah sangat sepi.

Info Lainnya :  Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan

6. Harga Tiket Masuk Gratis

Harga tiket khusus tempat ini adalah nol rupiah atau gratis. Pengunjung bisa masuk kapan saja dengan bebas biaya tiket. Akan tetapi, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Dengan modal tersebut, tentu tidak akan memberatkan pengujung yang nantinya akan dibayar dengan pesona alam yang sangat memanjakan mata.

7. Tawaran aktivitas menarik

Suasana wisata alam yang begitu indah dengan kondisi air terjun Luweng Sampang yang begitu jernih dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Saat pertama kali sampai di lokasi, mata akan disuguhkan  dengan pemandangan air yang berwarna tosca jernih. Tentu hal tersebut akan menarik minat pengunjung untuk segera berenang dan merasakan kesegaran badan setelah menyentuh air.

Setelah menghabiskan waktu untuk berenang, jangan lupa untuk beristirahat di puncak-puncak tebing atau disekitar tempat wisata. Suasana yang sangat sejuk dan tenang mmebuat pengunjung menjadi betah unyuk duduk berlama-lama di tempat ini. Anda juga dapat mengisi perut dengan menikmati hidangan dari bekal yang dibawa dari rumah atau mencari warung atau pedangan sekitar yang ada disana.

Baca Juga : Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan

Sebelum meninggalkan lokasi air terjun Luweng Sampang, jangan lupa untuk mengabadikan momen kebahagiaan dan kebersamaan Anda. Tempat wisata tersebut memiliki banyak spot foto yang menarik, baik di ari terjun, tebing, taman, maupun puncak bebatuan. Meskipun demikian, tetap utamakan keselamatan saat hendak mengambil foto karena kondisi bebatuan yang licin karena air.

Info Lainnya :  Taman Wisata Karang Resik, Pesona Kampung Korea Tasikmalaya

Nah itulah 7 daya tarik yang dimiliki oleh air terjun Luweng Sampang yang wajib Anda ketahui. Tempat tersebut bisa menjadi tujuan wisata bagi yang merasa berada di sekita Yogyakarta. Anda bisa memboyong keluarga untuk sejenak keluar dari ritunitas dan memanjakan diri. Selain memberikan kepuasan, Anda tanpa sengaja juga dapat meningkatkan nilai pariwisata dari tempat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.