nasi grombyang Pemalang

Nasi Grombyang Pemalang Makanan Khas Yang Wajiib Dicoba

Pasti masyarakat Jawa Tengah sudah tidak asing lagi saat mendengar kuliner nasi grombyang. Kuliner ini sangatlah populer di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah karena memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Kuliner nasi grombyang Pemalang ini berbahan dasar nasi dan daging sapi atau kerbau dan di bumbui dengan adanya rempah-rempah yang melimpah sehingga tak heran jika nasi grombyang ini dijadikan sebagai warisan budaya tak benda.

Kenapa Nasi Grombyang Sangat Istimewea

Predikat itu ditetapkan kepada proses pengolahan nasi grombyang Ini yang menjadikan makanan ini cukup populer dan istimewa. Kepala bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang yang mengungkapkan bahwa kuliner nasi grombyang ini masuk ke warisan budaya tak benda yang memegang kategori teknologi tradisional.

Ditetapkannya nasi grombyang Pemalang ini menjadi salah satu warisan budaya tak benda tepatnya pada tanggal 29 Oktober 2021.

Setelah ditetapkannya nasi grombyang menjadi salah satu warisan budaya tak benda, pemerintah setempat bersedia bertanggung jawab atas empat pilar yaitu pelestarian, pemanfaatan, perlindungan dan pengembangan.

“Saat ini telah diketahui sudah ada banyak sekali warung makan yang juga menjual nasi grombyang khas Pemalang.  Maka, kami akan bertanggung jawab untuk melakukan pelestarian, pemanfaatan, perlindungan dan pengembangan” ujarnya.

Apasih Nasi Grombyang Itu ?

nasi grombyang Pemalang

Tapi bagi kebanyakan masyarakat di luar Jawa Tengah pasti bertanya-tanya apa nasi grombyang itu. Asal-usulnya nama ‘grombyang’ berasal dari bahasa Pemalang yang memiliki arti di permukaan atau bergoyang-goyang.

Info Lainnya :  Masakan Khas Surabaya, 10 Rekomendasi Kuliner!

Sehingga dalam penyajian kuliner ini komposisinya jauh lebih kuat atau lebih banyak daripada nasinya. Jadi nasi dapat bergoyang-goyang di dalam kuah. Selain itu dalam tahap penyajiannya ini juga cukup menjadikan cita rasa nasi grombyang yang unik.

Sehingga tak heran jika nama Grombyang tidak didapati di kota-kota lainnya sehingga sangatlah unik dan ikonik

Asal Usul dan Sejarah

Saat ini belum diketahui dengan pasti kapan dan tahun berapa makanan khas Jawa Tengah ini mulai dibuat. Tapi kabarnya keberadaan kuliner nasi grombyang ini sudah ada sejak tahun 1960-an.

Pada saat itu penjual nasi grombyang ini menjual secara berkeliling kampung atau tidak menetap. Salah seorang pewaris kuliner nasi grombyang ini menuturkan dan beliau juga sempat menceritakan bahwa ia mulai membuka usaha kuliner nasi grombyang Khas kabupaten Pemalang ini pada tahun 1978.

Menurut salah seorang pewaris kuliner nasi grombyang Pemalang ini dikatakan lebih rumit penyajiannya daripada soto ataupun makanan lainnya yang berkuah.  Karena dalam penyajian nasi grombyang ini sangatlah rumit seperti memasak daging, membuat menu kaldu yang berbahan keluak, membuat serundeng serta lemak dari daging.

Di samping itu dalam penyajian kuahnya pun juga harus dibubuhi dengan rempah-rempah yang pas, misalnya seperti jahe, kunyit, daun salam, lengkuas, kemiri dan lainnya. Hal terakhir sebelum menyajikan kuliner nasi grombyang ini harus ditaburi dengan irisan onclang dan bawang merah

Info Lainnya :  7 Tempat Wisata di Pemalang Terpopuler 2021

Zaman dulu kuliner nasi grombyang Pemalang ini memakai daging kerbau Tapi saat ini kerbau sulit didapatkan. Akhirnya memutuskan untuk menggantinya memakai daging sapi. Dalam pembuatan nasi grombyang Ini Membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam.

Nasi Grombyang Menjadi Masakan Khas Pemalang

Salah seorang pewaris kuliner nasi grombyang ini mengaku bangga karena dapat melanjutkan usaha warisan resep nenek moyangnya itu berbuah manis. Sebab nasi grombyang ini sudah ditetapkan menjadi salah satu warisan budaya tak benda di Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Pemalang.

“Saya senang dan bangga kuliner nasi grambyang ini tercatat sebagai Warisan Budaya,” paparnya.

Di samping itu, Gubernur Jawa Tengah juga mengungkapkan bahwa ia juga merasa bangga dengan warisan kuliner nasi grombyang ini sehingga tak jarang ia mampir untuk menikmati nasi Grombyangnya itu.

“Perasaanya alhamdulillah,sangat senang.  Saya sebagai pedagang kecil nasi grombyang Pemalang yang didatangi pejabat itu adalah suatu kebanggan. Apalagi Pak Gubernur itu orangnya sederhana, tidak ingin ditonjolkan seperti rakyat biasa. Setelah kunjungan pak Gubernur, warung semakin ramai. Dikenal dengan nama nasi grombyang yang didatangi Gubernur, dan disyuting pakai tangan sendiri (vlog),” terang salah seorang pewaris kuliner nasi Grombyang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.