Sepak takraw adalah

Permainan Sepak Takraw Yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Sepak Takraw. Sepak takraw adalah permainan bola kecil yang menggabungkan dua permainan olahraga populer yaitu permainan voli dan sepak bola. Permainan sepak takraw ini memiliki kesamaan dengan permainan bola voli, namun dalam teknik bertahan dan menyerang fokus menggunakan kaki.

Secara istilah, kata sepak takraw tercipta dari kata “sepak” yang memiliki arti menendang dan kata “takraw” yang berarti bole rotan dalam bahasa melayu. Permainan sepak takraw berasal dari negara Kawasan Asia Tenggara pada abad ke-15. Sepak Takraw kini telah menjadi permainan dalam turnamen internasional.

Mengenal Sejarah Sepak Takraw dan Perkembangannya di Indonesia

Cara permainan sepak takraw adalah dengan menendang bola melewati net pada lapangan lawan agar menciptakan poin. Selama pertandingan, pemain sepak takraw tidak boleh menyentuh bola menggunakan tangan maupun lengan melainkan dengan kaki, kepala, dada untuk menyentuh bola. Berikut aturan dasar sepak takraw :

Jumlah dan Posisi Pemain

Permainan sepak takraw diikuti oleh dua tm regu, yang mana dalam setiap timnya beranggotakan tiga orang pemain. Terdapat peram tertentu pada setiap pemain seperti bertugas sebagai tekong, killer, atau feeder. Pemain yang bertugas sebagai tekong posisinya berada ditengan lapangan.

Sementara untuk pemain yang bertugas sebagai killer dan feeder posisinya berada di bagian kanan dan kiri lapangan dekat net. Dalam pembagian tugas dan peran selama pertandingan, setiap pemain akan menentukannya sendiri. Berikut penjelasannya lebih rinci mengenai tugas dan peran tersebut.

Info Lainnya :  Metode Gaya Renang Bebas untuk Pemula dan Manfaatnya!

Posisi tekong atau server. Pemain tersebut memiliki tugas untuk melakukan servis sebagai tanda diawalinya permainan. Ketika servis dilakuan, tekong dapat menendang bola menggunakan kecepatan yang tinggi agar dapat membuat lawan kesulitan bertahan.

Posisi killer atau striker. Pada posisi tersebut, seorang pemain killer atau sriker memiliki peran dalam mengeksekusi serangan pada lapangan lawan. Ketika melakukan pertahanan, killer atau striker bertanggung jawab agar tendangan dan smash dari lawan dapat diblokir.

Posisi Feeder. Pada posisi ini, pemain harus memiliki penguasaan tinggi dan kontrol fokus pada bola. Ketika melakukan penguasaan terhadap bola, feeder harus dapat memberikan umpan yang dapat dieksekusi dengan mudal oleh stiker. Seorang feeder juga harus memiliki kemampuan berupa melakukan tendangan dan blok.

Ketahui! Teknik Dasar Sepak Takraw Agar Jago Saat Bermain

Perlengkapan dan Lapangan Sepak Takraw

Sepak takraw adalah

Pada dasarnya, lapangan permainan sepak takraw memiliki kemiripan dengan bulu tangkis, namun terdapat beberapa perbedaan tertentu. Bola sepak takraw awalnya berbentuk anyaman rotan, tetapi kini sudah menggunakan bola dengan serat sintetis.

Bentuk Bola sepak takraw memiliki bentuk bulat dan terbuat dari bahan serat sintetis yang terdapat 12 lubang dan 20 persimpangan berupa anyaman. Bola tersebut memiliki ukuran dengan keliling 41-43 cm dan berat 170-180 gram untuk laki-laki. Untuk perempuan dengan keliling 42-44 cm dan berat 150 – 160 gram untuk.

Info Lainnya :  Apa Itu Olahraga Panahan : Sejarah, Manfaat, Teknik Dasar

Ukuran lapangan sepak takraw 13,4 x 6,1 meter yang terbagi menjadi dua dengan net yang memiliki ketinggian 1,52 meter untuk laki dan 1,42 meter untuk perempuan. Pakaiannya berupa jersey, celana pendek dan sepatu olahraga. Pada baju jersey terdapat nomor punggung pada setiap pemain

Perhitungan Skor Pertandingan Sepak Takraw

Perhitungan skor pada pertandingan sepak takraw dapat didapatkan apabila pemain bisa memasukkan bola ke lapangan permainan lawan dan lawan tidak bisa mengembalikan bola, atau juga dapat terjadi jika lawan melakukan suatu kesalahan. Maka apabila terjadi pada setiap kondisi tersebut dapat memiliki nilai satu poin.

Pada umumnya, tim regu pertama yang mendapatkan skor 21 poin terlebih dahulu dapat memenangkan set tersebut. Namun jika terjadi kondisi dengan seri 20-20 poin, maka wasit dapat memberikan perpanjangan set hingga salah satu regu dapat mengungguli dua poin atau dapat juga dengan maksimal mencapai 25 poin.

Permainan sepak takraw berlangsung dengan dua set disertai jeda istirahat selama dua menit. Tim regu yang mengungguli selama dua set dapat memenangkan pertandingan sepak takraw. Akan tetapi, apabila kedua regu mendapat satu set kemenangan yang sama, maka dapat terjadi adanya perpanjangan set tie- break.

Perpanjangan tie-break atau set tiga tersebut hanya akan dapat dimainkan hingga mencapai hanya 15 poin saja. Apabila berada dalam keadaan seri 14-14, maka dapat terjadi perpanjangan pertandingan hingga salah satu regu dapat mengungguli dua poin atau maksimal mencapai 17 poin.

Info Lainnya :  8 Teknik Dasar Panahan Yang Wajib Diketahui Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *