Teknik Dasar Sepak Takraw

Ketahui! Teknik Dasar Sepak Takraw Agar Jago Saat Bermain

Teknik dasar sepak takraw ini merupakan salah satu teknik yang diperlukan bagi para pemain karena dibutuhkan dalam mendapatkan kemampuan yang cukup maksimal ketika bertanding.

Ketika kita sudah memahami dengan benar terkait teknik dasar yang harus dilakukan, tentu para pemain akan dimudahkan saat bertanding.

Karena pada dasarnya permainan sepak takraw ini sangat membutuhkan kelincahan dan kemampuan seluruh tubuh terutama pada bagian kaki yang yang harus menghasilkan gerakan yang maksimal.

1. Teknik Cara Latihan Smash

Adapun Teknik dasar sepak takraw  pertama yang harus dipelajari adalah Smash. Adanya latihan Smash ini dirasa cukup penting ketika kita ingin bermain sepak takraw. Sebab kita akan memperoleh poin yang cukup banyak dari adanya Teknik ini.

Karena biasanya gerakan smash dilakukan dengan seluruh kekuatan pergelangan kaki sehingga ketika kita menggunakan teknik ini dapat menjangkau bola yang jauh serta menahan smash yang dilakukan oleh tim lawan.

Adapun cara untuk melakukan teknik dasar Smash ini antara lain sebagai berikut :

  • Pertama kita harus berdiri tegak di atas satu kaki dan dan kaki satunya tepat berada Lurus di depan badan. Lalu telapak kaki kita dekat dengan bola dan posisikan bagian tubuh kita secara tepat agar bisa melakukan sepakan
  • Kemudian setelah posisi kaki kita siap ketika akan melakukan dorongan, kekuatan utama kita berada di atas dan pandangan harus fokus pada bola serta arah sasaran yang kita inginkan
Info Lainnya :  Ukuran Arena Lapangan Panahan Terbaru

2. Teknik Cara Servis Sepak Takraw.

Teknik dasar sepak takraw  kedua adalah servis. Servis ini adalah gerakan awalan ketika pertandingan sepak takraw dimulai. Servis akan dilakukan oleh para pemain yang disebut dengan tekong.

Ketika pemain yang berperan sebagai tekong ini bisa melakukan servis dengan baik, maka kemungkinan besar akan mendapatkan banyak poin.

Fisamping itu untuk teknik dasar servis pada permainan sepak takraw ini dibagi menjadi dua jenis yaitu servis atas dan bawah

3. Teknik Menyundul Sepak Takraw

Selanjutnya adalah teknik menyundul. Adapun pada teknik menyundul bola ini dibutuhkan kekuatan kepala bagian depan yang bertujuan agar dapat memberikan umpan balik kepada teman serta dapat menyerang tim lawan.

Adapun teknik dalam menyundul pada permainan sepak takraw antara lain sebagai berikut :

  • Pertama Posisi badan berdiri dan mengambil sikap kuda-kuda
  • Kemudian badan dicondongkan ke belakang, lalu Letakkan kedua tangan tepat di samping badan dengan posisi siku yang bengkok
  • Jangan lupa untuk selalu mem fokuskan pandangan mata kita ke arah bola dan tempat sasaran yang kita inginkan
  • Saat kita melakukan teknik menyundul, pastikan kita menggunakan kekuatan kepala bagian depan lalu gerakan lambat kearah depan dengan tepat  untuk menambah dorongan bola.  Selain itu kita juga membutuhkan bantuan pergerakan pada bagian leher

4. Teknik Sepak Sila Permainan Sepak Takraw.

Teknik Dasar Sepak Takraw

Teknik dasar sepak takraw  selanjutnya adalah teknik sila. Adapun pada teknik sila ini dibutuhkan kekuatan kaki bagian dalam. Pada Teknik ini bertujuan agar bisa memberikan umpan kepada teman serta menahan bola takraw dari tim lawan. Adapun cara untuk melakukan teknik dasar sepak sila ini antara lain sebagai berikut :

  • Pertama kita harus berdiri di atas satu kaki dan kaki yang satunya kita angkat setinggi lutut dengan posisi bengkok
  • Kemudian ketika kita menendang bola gerakan kaki bagian bawa ke atas dengan kecepatan yang disesuaikan kebutuhan kita
  • Jangan lupa agar pandangan tetap fokus berada ke arah bola dan sasaran yang kita inginkan
Info Lainnya :  Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda, Berikut Tipsnya!

5. Teknik Salto (Sepak Kuda)

Teknik dasar sepak takraw  selanjutnya adalah teknik sepak kuda atau salto. Pada umumnya adanya teknik dasar gerakan sepak salto membutuhkan kekuatan punggung kaki. Gerakan ini dilakukan ketika kita ingin melakukan kontrol bola yang berada di posisi rendah sehingga kita bisa menggunakan teknik dasar salto.

6. Teknik cara menahan bola Sepak Takraw.

Teknik dasar sepak takraw Terakhir yang harus diperhatikan dalam teknik dasar sepak takraw ini adalah teknik cara menahan bola sepak. Pada umumnya gerakan menahan bola ini terdapat dua cara yang bisa dilakukan, yaitu bisa menahan bola dengan dada dan bisa menahan bola dengan paha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *