sejarah sepak takraw

Mengenal Sejarah Sepak Takraw dan Perkembangannya di Indonesia

Sejarah Sepak Takraw – Sepak takraw dikenal sebagai salah satu jenis olahraga khas Melayu yang dimainkan oleh para Masyarakat khususnya di Kesultanan Melayu pada tahun 634 sampai 713 masehi.

Adapun pada olahraga sepak takraw ini disebut sebagai jenis olahraga campuran yaitu campuran antara olahraga sepak bola dengan olahraga voli. Pada umumnya olahraga sepak takraw ini dapat dimainkan di lapangan yang mempunyai ukuran yang luas.

Aturan khusus yang harus diperhatikan para pemain sepak takraw yaitu para pemain tidak boleh menyentuh bola takraw dengan menggunakan tangan. Untuk itulah kali ini pada artikel di bawah ini akan membahas seputar sejarah sepak takraw yang masih ada sampai saat ini.

Sejarah Sepak Takraw

sejarah sepak takraw berasal dari Malaka yang tergabung kedalam salah satu negara di Malaysia.

Sepak takraw diambil dari nama dalam bahasa Melayu  yang  berarti menendang.  Adapun kata takraw ini berasal dari bahasa Thailand yang memiliki arti bola yang terbuat dari rotan.

Adanya sebutan nama olahraga sepak takraw ini muncul ketika adanya kesepakatan negara Malaysia dan Thailand. Dan ketita olahraga sepak takraw ini sudah populer di negara Thailand. Tentu beberapa negara di Asia Tenggara pun juga ikut mempopulerkannya. Salah satunya Indonesia serta negara-negara yang mempunyai Mayoritas penduduk Melayu.

Di beberapa negara,  penyebutan nama olahraga sepak takraw ini dinamai dengan sebutan yang berbeda-beda. Beberapa masyarakat berpendapat bahwa permainan sepak takraw ini umumnya masuk ke dalam jenis olahraga yang terinspirasi dari permainan tradisional di Cina. Bedanya permainan tradisional di china ini menggunakan  kok sedangkan permainan sepak takraw ini menggunakan bola.

Info Lainnya :  Atlet Timnas Sepak Takraw Indonesia

Perkembangan Sepak Takraw di Indonesia

sejarah sepak takraw

Permainan sepak takraw sudah mulai berkembang di Indonesia secara meluas pada tahun 1970-an. Adapun pada permainan ini telah dipopulerkan oleh warga Malaysia dan Singapura.

Wilayah yang cukup pesat terkait perkembangan olahraga sepak takraw ini adalah wilayah Sulawesi dan wilayah Sumatera. Yang mendasari dua wilayah tersebut sangat akrab dengan permainan sepak takraw sebab pada zaman dahulu permainan sepak takraw ini memang telah di klaim menjadi salah satu olahraga yang tradisional di wilayah tersebut.

Jadi sejarah sepak takraw seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi tepatnya pada tahun 1971, negara Indonesia pun mulai membentuk induk olahraga sepak takraw sebelumnya organisasi ini memiliki nama PERSERASI yang kependekan dari Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia.

Kemudian organisasi ini berubah namanya menjadi PSTI singkatan dari Persatuan sepak takraw Indonesia. Pada awal pembentukan organisasi ini, federasi sepak takraw tanah air hanya berjumlah 4 orang saja sebagai pengurus daerah.

Adapun keempat daerah yang disebut sebagai pilar pendukung dalam berkembangnya permainan sepak takraw yaitu Sumatera Barat Sumatera Utara Sulawesi Selatan dan Riau.  Ketua umum pertama federasi sepak takraw yang ditunjuk pada saat itu adalah Bapak Drs. H.M Junus Akbar.

Pada sejarah sepak takraw ini mulai mencuat dan menjadi daya tarik masyarakat saat olahraga ini masuk sebagai kejuaraan nasional di Indonesia. Adapun kejuaraan nasional ini dimulai pada tahun 1980 dan dilanjutkan dengan PON pada tahun 1981 yang menjadikan permainan ini masuk sebagai salah satu cabang olahraga yang layak di pertandingan.

Info Lainnya :  Gaya Renang Kupu-kupu, Teknik dan Manfaatnya!

Sehingga pada saat itu banyak masyarakat yang mulai terdorong dan tertarik untuk mengikuti permainan sepak takraw. Selanjutnya pada tahun 1985 diketahui ada 20 daerah yang tergabung dalam olahraga sepak takraw ini.

Penutup

Tak heran jika permainan sepak takraw ini cukup berkembang secara pesat. Setelah adanya PON dan menjadikan banyak pihak yang tertarik mengadakan beberapa kejuaraan sepak takraw yang lain.

Dilanjutkan pada bulan Oktober tepatnya tahun 1986. pemerintah juga mengadakan ajang kejuaraan nasional. Yang diikutkan dalam kegiatan SEA GAMES 1987 tepatnya di Jakarta. Pada saat itu tercatat sebanyak 23 daerah yang tergabung dan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan seleksi permainan sepak takraw ini.

Adanya perkembangan sejarah sepak takraw ternyata tak hanya berkembang cukup pesat di Indonesia saja namun di seluruh dunia pun juga berbondong-bondong tertarik untuk mengikuti permainan sepak takraw.

Demikian artikel seputar sejarah sepak takraw.

Leave a Reply

Your email address will not be published.