Olahraga Panahan

Apa Itu Olahraga Panahan : Sejarah, Manfaat, Teknik Dasar

Dalam rangka menjaga kesehatan di tengah pandemi seperti sekarang ini, olahraga menjadi salah satu kebutuhan untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Olahraga Panahan banyak menjadi pilihan karena selain berolahraga kita bisa sekaligus berekreasi saat mengunjungi lokasi panahan.

Apa itu olahraga panahan?

Olahraga panahan adalah salah satu olahraga yang menggunakan busur untuk menembakkan anak panah kesebuah target. Olahraga ini sudah populer sejak dulu, dulunya olahraga ini hanya digunakan untuk berburu, namun sekarang panahan sudah menjadi sebuah cabang olahraga.

Sejarah olahraga panahan ini terinspirasi dari kebiasaan masyarakat sejak ribuan tahun yang lalu, yang menggunakan panah sebagai media untuk berburu dan berperang. Namun dengan munculnya senjata api, fungsi panah sebagai media untuk berperang dan berburu mulai teralihkan.

Di era modern panahan tidak lagi digunakan sebagai media untuk berburu dan berperang, namun sekarang dialih fungsikan sebagai salah satu olahraga yang menyenangkan dan diminati banyak orang. Sejak saat itu banyak sekali kompetisi-kompetisi panahan yang diselenggarakan.

Pada tahun 1900 untuk pria dan tahun 1904 untuk wanita olahraga panahan secara resmi menjadi salah satu cabang olimpiade. Dengan dimasukkannya olahraga panahan dalam sebuah cabang olimpiade, olahraga ini menjadi semakin popular dan banyak diminati.

Lengkap! 10 Peraturan Olahraga Panahan Yang Wajib Kamu Tahu

Manfaat Olahraga Panahan Bagi Tubuh

Banyak sekali manfaat olahraga panahan yang perlu kamu ketahui. Olahraga ini bermanfaat membangun kekuatan tubuh, meningkatkan fokus, meningkatkan koordinasi Antara tangan, mata serta keseimbangan, dan juga bermanfaat untuk melatih kesabaran, dll.

Info Lainnya :  Gaya Renang Kupu-kupu, Teknik dan Manfaatnya!

Jika kita menggeluti cabang olahraga panahan selain membutuhkan fisik yang kuat, kita juga harus menguasai teknik-teknik dasar memanah yang baik dan benar agar ketika kita memanah dapat mencapat target yang kita inginkan. Ada Sembilan teknik dasar memanah yang harus kita ketahui.

Ukuran Arena Lapangan Panahan Terbaru

9 Teknik Dasar Memanah

Olahraga Panahan

8 Teknik Dasar Panahan Yang Wajib Diketahui Pemula

1.Sikap Berdiri

Sikap berdiri yang baik bagi seorang pemanah adalah, beban terdapat pada kedua kaki secara seimbang, badan tegap, tidak terlalu condong kedepan atau ke belakang.

2. Memasang Ekor Panah

memasang ekor panah. Pemasangan ekor panah ini sangat penting untuk kamu perhatikan. Akan menjadi sebuah kesalahan fatal jika kamu meletakkan ekor panah terlalu ke atas atau terlalu kebawah. Letakkan anak panah dengan lurus sesuaikan dengan standar busur.

3. Lengan Busur

mengangkat lengan busur. Angkat busur kamu setinggi bahu dengan posisi tangan siap menarik tali.

4. Menarik tali busur

Saat menarik tali, pastikan tali sampai menyentuh dagu, bibir, atau hidung. Kemudian kamu dapat menjangkarkan tangan penarik tali di dagu. Ada beberapa fase dalam menarik tali busur, yaitu pre-draw, primary draw dan secondary draw.

5. Menjangkarkan lengan penarik

Ada hal yang harus diperhatikan pada sikap ini. Penjangkaran tangan harus tepat untuk menarik dan kuat menempel di bawah dagu. Ada dua jenis penjangkaran, yakni penjangkaran di tengah dan penjangkaran di samping.

Info Lainnya :  Mengenal Sejarah Sepak Takraw dan Perkembangannya di Indonesia

6. Menahan sikap panahan

Pada sikap ini kita menahan posisi saat sebelum ataupun sesudah melepaskan anak panah. Jadi pada saat melakukan bidikan sikap atau posisi kita harus tetap sama dan harus dipertahankan.

7. Membidik

Pada sikap ini kamu harus membagi fokus. Fokus kamu jangan hanya terpaku pada sasaran atau target, tetapi juga harus fokus dengan teknik yang akan kamu gunakan dan kondisi badan yang rileks saat membidik sasaran.

8. Melepas tali atau panah

Ketika kamu ingin melepas tali pemanah terdapat dua macam cara, yang pertama dead release yakni posisi tangan tetap menempel pada dagu sama saat sebelum panah dilepas. Selanjutnya adalah active release. Posisi active release adalah posisi tangan setelah melepas panah bergerak kebelakang menyusuri dagu dan leher. Jika kamu melakukan sedikit kesalahan saat melepas anak panah akan berdampak dengan sasaran yang menjadi tujuan kamu.

9. Menahan sikap panahan

posisi dimana kamu menahan sikap agar tetap sesaat setelah melepas anak panah. Sikap ini bertujuan untuk mempermudah mengontrol pergerakan panahan yang sedang dilakukan,

Daftar Atlet Panahan Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Mungkin bagi sebagian besar orang awam menganggap bahwa olahraga ini adalah olahraga yang biasa saja. Padahal bagi sorang pemanah professional membutuhkan banyak kekuatan, konsentrasi dan fokus agar dapat memanah sesuai dengan target yang diinginkan.

Info Lainnya :  Permainan Sepak Takraw Yang Perlu Anda Ketahui

Demikian sedikit penjelasan kami tentang Olahraga Panahan. Semoga dapat membantu kamu yang sekedar ingin tahu atau ingin mendalami panahan untuk lebih mengenal tentang olahraga ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *