Teknik Dasar Panahan

8 Teknik Dasar Panahan Yang Wajib Diketahui Pemula

Teknik dasar panahan – Bagi kalian penggemar film Avengers pastinya sudah tidak asing lagi terkait keahlian dari karakter film Avengers pada tokoh Hawkeye. Karena tokoh ini mempunyai keahlian memanah yang sangat mumpuni dan sangat ahli meskipun dari jarak dekat ataupun dari jarak jauh

Nah bagi kalian yang saat ini juga sedang menggeluti atau sedang ingin terjun ke olahraga panahan tentu akan sangat penting untuk menguasai teknik-teknik dasar dalam memanah sebelum masuk menjadi pemanah yang andal.

Untuk itulah pada artikel ini sangat penting untuk dibaca sampai selesai karena akan menyuguhkan informasi seputar Teknik dasar panahan yang harus dipahami dan diterapkan ketika sedang menggeluti olahraga panahan.

Baca Juga : Apa Itu Olahraga Panahan : Sejarah, Manfaat, Teknik Dasar

Teknik Dasar Panahan Untuk Pemula

Berikut ini ada Teknik dasar panahan yang harus kalian pahami dan menerapkannya di olahraga panahan, antara lain sebagai berikut :

1. Sikap berdiri (stance)

Teknik dasar pertama yang harus kita pelajari dan kita ketahui yaitu adalah sikap berdiri.  Pastinya kalian tidak bisa memanah ketika Gerakan tubuh  berputar-putar, karena ketika belum bisa berdiri secara benar dan memposisikan badan dengan tegap tentu kita juga tidak bisa memanah dengan maksimal.

Adapun cara berdiri yang mudah dilakukan bagi pemula yang baru saja menekuni atau menggeluti olahraga panahan ini yaitu Square stance. Hal ini berguna karena pada olahraga panahan ini sangat dibutuhkan adanya konsistensi. Sehingga pada teknik dasar ini dirasa sangat mudah untuk kita lakukan secara terus-menerus dan konsisten. Selain itu kita tinggal ambil garis lurus saja dengan target yang kita incar.

Info Lainnya :  Ketahui! Teknik Dasar Sepak Takraw Agar Jago Saat Bermain

2. Memasang anak panah (nocking the arrow)

Teknik dasar panahan yang selanjutnya adalah memasang anak panah. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah fit atau tidaknya nock, akan sangat penting untuk diperhatikan bagi para pemanah.

Karena ketika terlalu kencang nantinya akan berpengaruh ke akurasi yang pada umumnya tidak apa-apa, namun hal ini cukup berbahaya ketika terlalu longgar. Sehingga ketika kita memasang anak panah haruslah dengan standar yang pas dan tidak lebih atau kurang.

3. Mengangkat busur (extend)

Teknik dasar panahan yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan benar yaitu teknik mengangkat busur. Pada umumnya ketika kita melakukan teknik mengangkat busur ini yang harus diperhatikan yaitu lengan penahan busur harus rileks dan tali ditarik oleh tiga jari, yaitu jari manis, jari tengah dan jari telunjuk.

Kemudian tali ini ditempatkan ke ruas ruas jari pertama lalu tekanan busur pada telapak tangan, penahan busur ini terletak pada bagian tengah titik V yang dibentuk oleh ibu jari dan telunjuk.

4. Menarik string (drawing)

Teknik Dasar Panahan

Kemudian Teknik dasar panahan selanjutnya yaitu menarik tali pada busur.  Adapun cara yang harus kita lakukan dengan benar ketika menarik tali busur ini yaitu sampai tali menyentuh hidung dan memperhatikan posisi tangan yang memegang busur agar tetap lurus.

Selain itu posisi kepala ini juga Jangan bergerak. Yang perlu diingat yaitu tali pada busur ini yang didekatkan pada hidung dan bukan hidung yang mendekati tali busur

Info Lainnya :  Permainan Sepak Takraw Yang Perlu Anda Ketahui

5. Menjangkarkan lengan penarik (anchoring)

Teknik dasar panahan selanjutnya yaitu gerakan menjangkarkan lengan penarik. Ketika kita melakukan teknik dasar full draw pasti beban berada di titik paling berat. Namun Kita juga harus mampu untuk menahan beberapa detik agar bisa mencapai teknik dasar selanjutnya.

Pada Teknik ini agar tangan tidak bergoyang atau bergerak tentu kita bisa menempelkannya pada anchoring. Sehingga agar anchoring dapat diulang secara terus-menerus tentu kita juga harus memiliki titik referensi, misalnya string yang nempel di ujung hidung sering yang menempel di pinggir dagu, dan lain-lain.

6. Menahan sikap panahan (tighten)

Selanjutnya teknik dasar menahan sikap panahan. Adanya teknik dasar ini dilakukan setelah melakukan penjangkaran dan sebelum anak panah dilepaskan.  Sehingga ketika melakukan teknik dasar ini otot-otot lengan para penahan busur dan lengan penarik tali harus tetap berkontraksi.

Hal ini bertujuan agar sikap panahan ini tidak berubah atau tidak bergerak. Hal ini juga bersamaan dengan dilakukannya pembidikan. Jadi pada saat kita membidik tentu sikap para pemanah ini juga tetap dipertahankan.

7. Membidik (Aiming)

Ketika melakukan teknik Aiming, yang perlu diperhatikan adalah Posisi badan pemanah yang tidak berubah dan tetap bertahan di tempat lalu juga pemanas fokus kepada sasaran dan fokus pada posisi badan.

8. Melepas string (release)

Dalam melakukan teknik ini otot punggung harus tetap menarik string dan tidak boleh berhenti.

Info Lainnya :  Renang Gaya Dada, Teknik dan Manfaat Bagi Tubuh

Nah itulah tadi 8 teknik dasar panahan yang perlu diketahui khususnya untuk pemula yang akan baru memulai olahraga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.