cara menghilangkan bekas luka knalpot

Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot Ampuh

Saat terkena knalpot sepeda motor akan ada tiga level keparahan. Tulisan ini akan membahas seluruhnya dan cara menghilangkan bekas luka knalpot. Semakin banyak lapisan kulit yang rusak akibat knalpot, semakin serius kondisinya. Dilansir dari fixyourdirtbike, level keparahan saat terkena knalpot sebagaimana berikut:

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Alami

Luka Terkena Knalpot Level Pertama

Jenis luka terkena knalpot level pertama merusak lapisan pertama kulit. Tampilannya seperti kulit yang terkena sengatan matahari. Gejala umum yang terkait dengan luka bakar level pertama adalah muncul kemerahan pada daerah yang terkena, pembengkakan yang ringan, dan nyeri ringan. Waktu pemulihan standar untuk luka bakar level pertama standar adalah 2-3 hari.

Luka Terkena Knalpot Level Kedua

Jenis luka terkena knalpot level kedua merusak lapisan kulit pertama dan kedua. Luka bakar ini paling sering disebabkan oleh kulit yang bersentuhan langsung dengan pipa knalpot sepeda motor.

Gejala yang terkait dengan luka bakar level kedua adalah gejala yang sama dengan luka bakar level pertama, tetapi dengan rasa sakit yang lebih parah dan terdapat kemungkinan lecet. Waktu pemulihan standar untuk luka bakar level kedua standar adalah 2-3 minggu.

Luka Terkena Knalpot Level Ketiga

Jenis luka bakar terkena knalpot level ketiga adalah jenis luka bakar yang paling berbahaya dan merusak semua lapisan kulit hingga ke otot atau tulang.

Info Lainnya :  Cara Mengatasi Masalah Ginjal

Gejala umum yang terkait terjadi pada luka terkena knalpot level ketiga adalah pembengkakan dalam jumlah besar, tekstur kulit menjadi kasar, dan kurangnya rasa sakit karena kerusakan saraf dan jaringan. Pemulihan luka terkena knalpot level ketiga dapat berlangsung dari beberapa minggu hingga beberapa tahun, tergantung pada tingkat keparahan luka.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot

cara menghilangkan bekas luka knalpot

Umumnya, pada luka terkena knalpot level pertama, luka tersebut bisa sembuh tanpa meninggalkan bekas dalam waktu.

Dilansir dari hellosehat, berikut adalah cara menghilangkan bekas luka knalpot:

1. Gel Penghilang Bekas Luka

Gel penghilang bekas luka dapat mengobati area kulit yang terdampak. Gunakan gel silikon yang terdiri dari CPX technology dan vitamin C Ester untuk memudarkan bekas luka terkena knalpot. Obat oles dengan kandungan tersebut merupakan obat yang cepat kering serta tahan air.

Adapun kandungan vitamin C Ester (ascorbyl tetraisopalmitate) mampu mencegah parahnya eritema (ruam kemerahan), transepidermal water loss (penguapan air dalam kulit), dan kulit terbakar sebab sinar matahari.

Cara menggunakan gel ini cukup dioleskan hanya sekali usap sebanyak dua kali sehari. Laksanakan sekitar 8 minggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Adapun tips menurut Post-burn Scars and Scar Contractures untuk yang memiliki bekas luka terkena knalpot sebagaimana berikut:

  • Meregangkan badan minimal 5-6 kali setiap hari.
  • Mengoleskan pelembab kulit yang tak mengandung pewangi atau alkohol.
  • Rajin melakukan terapi gerak untuk membantu peregangan, sehingga area bekas luka kian fleksibel.
  • Laksanakan aktivitas harian seperti biasanya dan semampunya, untuk melatih pergerakan di bagian tubuh yang terdapat bekas luka bakar.
Info Lainnya :  Tips Terhindar dari Penyakit Berbahaya

Pengobatan luka bekas knalpot dengan gel penghilang bekas luka, juga harus dibarengi dengan perlindungan terhadap bekas dari paparan sinar matahari langsung. Bekas luka yang berubah warna akan lebih mudah terbakar oleh sinar matahari dan menyebabkan bekas luka semakin sulit memudar

2. Menggunakan Rimpang Coptidis

Rimpang coptidis (coptidis rhizome) merupakan bahan alami yang telah dimanfaatkan sejak berabad-abad lamanya untuk banyak kondisi. Rimpang coptidis bisa meringankan rasa sakit luka termasuk mempercepat perbaikan sel yang rusak.

3. Minyak Wijen

Mengoleskan minyak wijen secara rutin dapat menjadi cara untuk membantu menghilangkan bekas luka terkena knalpot.

4. Madu

Banyak riset yang menunjukkan bahwa madu mempunyai sifat antiradang dan antibakteri. Sehingga madu dapat menyembuhkan, membersihkan luka, mengurangi rasa sakit, serta memudarkan bekas luka.

Itu tadi pembahasan level luka terkena knalpot dan cara menghilangkan bekas luka knalpot, semoga artikel berikut ini bisa bermanfaat untuk anda dan banyak orang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.