Cara Menghilangkan Daging Tumbuh Bekas Luka

Cara Menghilangkan Daging Tumbuh Bekas Luka dan Penyebabnya

Keloid merupakan kelainan pada kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal setelah kulit terluka atau teriritasi. Tulisan ini akan membahas cara menghilangkan daging yang tumbuh bekas luka berikut penyebab dan pencegahannya.

Laporan dari klikdokter, bentuk keloid yaitu melebihi garis luka dan biasanya timbul pasca 3 bulan hingga tahunan usai terbentuknya luka. Pada umumnya keloid terdapat di anggota gerak, pipi, cuping telinga, dada, lengan atas dan punggung.

Adanya keloid ditandai dengan daging yang muncul ke atas kulit, keras, tak teratur, berbatas tegas dan seringnya berwarna coklat keputihan di area bekas luka. Di beberapa kasus keloid bisa terasa gatal dan nyeri.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Alami

Biasanya keloid menyerang mereka yang berumur tak sampai 30 tahun, berkulit gelap, dan mempunyai riwayat tindik telinga, tato, luka sebab jatuh, bekas vaksin, atau bekas cacar, dan lain-lain.

Penyebab (Daging yang Tumbuh Bekas Luka) Keloid

Jadi penyebab keloid dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, sistemik, dan lokal. Faktor genetik (faktor gen) merupakan faktor keturunan (dari orang tua atau leluhur). Bagi yang keluarganya gampang terkena keloid, maka punya kecenderungan yang besar pula untuk terkena keloid juga.

Sedangkan faktor sistemik adalah faktor yang dipengaruhi hipertensi, kehamilan, hormon, dan sitokin. Adapun faktor lokal disebabkan bekas luka. Faktor ini yang paling banyak terjadi.

Info Lainnya :  Tips Menambah Stamina dan Energy

Pencegahan Daging yang Tumbuh Bekas Luka (Keloid)

Jika seseorang memiliki kemungkinan besar untuk mengalami keloid, hal tersebut bisa dihindari melalui perawatan luka yang baik. Pencegahan yang terbaik sebenarnya dengan menghindari adanya luka pada kulit.

Namun, jika luka terlanjur ada, maka perawatan luka yang baik dapat mengurangi kemungkinan terjadinya keloid.

Pastikan bahwa luka yang baru muncul segera dirawat dengan perban tekan. Proses perban tekan menghabiskan waktu sekitar 6-12 bulan untuk orang dewasa.

Anak-anak membutuhkan waktu lebih lama, yakni hingga 18 bulan. Kemungkinan dokter akan memberikan suntikan kortikosteroid pada masa penyembuhan luka.

Cara Menghilangkan Daging Tumbuh Bekas Luka (Keloid)

Cara Menghilangkan Daging Tumbuh Bekas Luka

Dilansir dari alodokter, berikut cara menghilangkan daging tumbuh bekas luka (keloid):

1. Operasi Pemotongan Keloid

Cara menghilangkan daging tumbuh bekas luka (keloid) yang sering dilakukan adalah operasi. Metode ini dilakukan dengan cara operasi pengangkatan keloid yang muncul. Namun, prosedur ini memiliki risiko timbulnya keloid lain yang lebih besar dari sebelum-sebelumnya.

Untuk menghindari hal di atas, dokter mengombinasikan operasi dengan terapi radiasi atau pemberian suntik steroid.

2. Suntikan Kortikosteroid

Cara menghilangkan daging tumbuh bekas selanjutnya adalah suntikan kortikosteroid. Suntikan kortikosteroid masuk kategori aman untuk menghilangkan keloid, tetapi rasanya menyakitkan. Area keloid disuntuk sebanyak 1-2 kali tiap bulannya hingga keloid mengempis.

Suntikan ini membuat keloid yang mengempis berwarna kemerahan dan bekasnya ada.

Info Lainnya :  Cara Menghilangkan Bekas Luka Kena Minyak Panas

3. Krioterapi

Metode ini dilaksanakan dengan dibekukakannya keloid sembari memakai nitrogen cair. Krioterapi mengempiskan keloid dan menyisakan bekas luka berwarna gelap.

4. Laser Pulsed-Dye

Metode ini efektif dalam mengempiskan keloid dan tak begitu meninggalkan warna kemerahan. Metode ini dianggap lebih aman dan tak begitu menyakitkan. Namun, harganya lumayan mahal dan membutuhkan beberapa sesi.

5. Gel (Lembaran Silikon)

Metode ini memakai gel atau lembaran silikon yang dibalut di bagian kulit tempat tumbuhnya keloid. Teknik gel dapat dilakukan langsung setelah kulit sembuh dari luka. Teknik ini harus dilakukan selama beberapa bulan.

6. Radiasi

Masalah utama keloid adalah kekambuhan. Namun, kekambuhan dapat dikontrol dengan menggunakan teknologi radiasi yang terus berkembang.

Kini, ilmu kedokteran menggunakan radiasi secara rutin sebagai terapi membantu pasca operasi yang mana hasilnya sangat efektif dan tidak memunculkan keloid baru.

Menurut riset ilmuwan Jepang, disebutkan bahwa kombinasi tiga cara berikut yang paling berhasil dalam mencapai kesembuhan total, yaitu: operasi, diikuti dengan radiasi dan penggunaan plester atau pita steroid.

Kebanyakan dokter-dokter di masyarakat non-Eropa dan non-Amerika sering menghindari pengobatan keloid secara aktif. Mereka cenderung lebih suka menggunakan suntikan steroid sebagai terapi utama.

Padahal kombinasi operasi, radiasi, dan terapi pita atau plester steroid berhasil mengatasi keloid secara ampuh dan efektif, dan semakin banyak digunakan terutama di negara Jepang. Itulah tulisan yang membahas tentang cara menghilangkan daging tumbuh bekas luka berikut penyebab dan pencegahannya.

Info Lainnya :  Diet Sehat 30 Hari Tanpa Nasi, Berikut Menunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.