Cara Menghilangkan Bekas Luka Jahitan

Cara Menghilangkan Bekas Luka Jahitan Setelah Operasi

Cepat atau lambat hilangnya bekas jahitan berhubungan erat dengan metabolisme tubuh tiap orang. Pasca operasi, biasanya terdapat bekas jahitan luka operasi. Bagi sebagian orang, bekas jahitan luka operasi ini sangat mengganggu dan terkadang menjadi penyebab insecure. Tulisan ini membahas cara menghilangkan bekas luka jahitan.

Bekas jahitan luka operasi sering kali sulit hilang dan justru menyisakan bekas. Berikut cara menghilangkan bekas luka jahitan sebagaimana dilansir dari liputan6.com.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka Jahitan

1. Jangan Merokok

Cara menghilangkan bekas luka jahitan yang pertama adalah jangan merokok. Proses pemulihan bekas jahitan operasi menjadi terhambat jika Anda merokok.

2. Mengurangi “Beban” pada Bekas Jahitan

Cara menghilangkan bekas luka jahitan selanjutnya adalah mengurangi beban atau ‘stres’ efektif bisa memudarkan bekas jahitan. Beban di sini merupakan aktivitas seperti mengangkat, melipat, atau merenggangkan area bekas luka. Hal ini dapat mengakibatkan jahitan tertarik dan luka pun menjadi lebih lebar.

3. Jauhi Sinar Matahari secara Langsung

Selama masa pemulihan pasca operasi, sebaiknya menghindari paparan sinar matahari secara langsung ke arah bekas jahitan operasi. Jika luka terdapat di area yang sulit ditutupi misal wajah atau tangan, maka gunakanlah tabir surya.

4. Jauhi Alkohol

Cara Menghilangkan Bekas Luka Jahitan

Alkohol menjadikan tubuh dehidrasi sehingga memperlambat proses pemulihan.

Info Lainnya :  Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Alami

5. Cukup Cairan

Ketika dalam masa pemulihan pasca operasi, jangan sampai mengalami dehidrasi. Dehidrasi merupakan sebab lambatnya regenerasi kulit dan membuat bekas jahitan menjadi semakin lama untuk memudar. Apabila tidak lekas memudar, maka akan menjadi keloid.

6. Asupan Nutrisi yang Maksimal

Selain menghindari alkohol dan mengonsumsi cukup cairan, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi.

Memperbanyak konsumsi protein membantu memudarkan bekas jahitan. Sumbernya bisa dari ayam, ikan, telur, ikan laut, susu, jeroan, daging sapi, telur dan lainnya sehingga kulit menjadi lebih cepat sembuh.

7. Perhatikan Berat Badan dengan Seksama

Naik atau turunnya berat badan secara drastis dapat menyebabkan luka tertarik, melebar, atau menyempit. Hal tersebut membuat bekas jahitan operasi yang ada pada tubuh Anda menjadi parah dan susah pudar.

Saat dalam masa pemulihan pasca operasi, sebaiknya Anda harus menjaga berat badan ideal Anda. Hal ini agar lemak di bawah kulit tidak bertentangan terhadap upaya dokter bedah menutup bekas jahitan serapi mungkin.

8. Antisipasi Penderita Penyakit Kronis

Kadar gula yang tinggi dapat mengakibatkan melambatnya pemulihan bekas luka. Hal ini sering terjadi pada penderita penyakit kronis seperti diabetes.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, salah satu cara memudarkan bekas jahitan operasi ialah memastikan kadar gula darah terkendali mulai dari sebelum operasi dilakukan hingga operasi selesai dan masuk pada proses penyembuhan. Jika kadar gula darah terlalu tinggi, proses penyembuhan dan pemudaran bekas jahitan bisa jadi lebih lama.

Info Lainnya :  Tips Menambah Stamina dan Energy

9. Perawatan Luka dengan Tepat

Pasca operasi, biasanya Anda akan dirawat dan kontrol ke dokter selama jangka waktu yang ditentukan. Selalu patuhi setiap anjuran dokter seperti menjaga kebersihan bekas luka dan jauhi pantangan atau hal-hal yang wajib dihindari selama pemulihan.

Hindari pula menggunakan salep atau obat yang tidak diresepkan langsung oleh dokter. Bisa jadi malah berbahaya seperti alergi atau bahkan infeksi. Apabila terdeteksi infeksi, segera periksa ke dokter. Infeksi mengakibatkan proses pemulihan dan menjadikan luka menjadi permanen.

10. Gel Silikon

Selama proses pemulihan, biasanya dokter akan memberikan obat luar agar membantu memudarkan bekas jahitan operasi. Obat tersebut berupa gel silikon yang bisa membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Obat tersebut juga harus dioleskan secara berkala.

Apabila Anda tidak mendapatkan obat luar resep dokter, maka Anda bisa bertanya kepada dokter terkait jenis gel silikon yang aman dioleskan langsung ke bekas luka. Hal yang sangat penting adalah memastikan tubuh Anda beristirahat agar luka bisa pulih dengan sempurna.

Apabila dokter meminta Anda istirahat selama 2 minggu, lakukanlah sesuai anjuran dokter. Saat mulai beraktivitas pun, jangan langsung bekerja terlalu berat sebab bisa menghambat jalannya pemulihan. Itu tadi cara menghilangkan bekas luka jahitan pasca operasi. Tetap hati-hati dan sesuai anjuran medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.