Bantuan Pemerintah 2022

Bantuan Pemerintah 2022, Berikut Cara Cek dan Daftarnya!

Bantuan Pemerintah 2022, Berikut Cara Cek dan Daftarnya!

Bantuan dari pemerintah masih berlanjut hingga 2022, total anggaran yang di gelontorkan pemerintah mencapai 414,5 triliun, bantuan ini diberikan dengan tujuan mengurangi beban keuangan bagi masyarakat yang terkena dampak covid-19, Bantuan jenis apa saja yang akan diterima masyarakat? Berikut jenis bantuan yang akan masyarakat terima di 2022

Bantuan Pemerintah 2022 – Bansos Kemensos

Pemerintah pusat masih menyalurkan bantuannya melalui Kementrian Sosial di 2022. Bantuan apa saja yang akan disalurkan pemerintah melalui Kementrian social? Bantuan yang dimaksud adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT). Dirut Kementrian Hasim, mejelaskan bahwa dukungan bantuan social akan terus belanjut hingga 2022 dan akan menjadi bagian dari perlindungan masyarakat miskin dan rentan.

“Ya! kami akan terus memberikan dukungan social, sebagai bagian dari program perlindungan sosial kami untuk masyarakat miskin dan rentan,” kata Hasim. Berikut daftar dana PKH yang disalurkan pada tahun 2021, Hasyim sendiri mengatakan besaran dana tergantung jumlah keluarga penerima manfaat (KPM)

  • Keluarga dengan ibu hamil dan anak usia dini menerima Rs 3 juta.
  • Selanjutnya, Keluarga dengan anak SD mendapat Rp 900.000 di SMP, Rp 1,5 juta, dan SMP Rp 2 juta.
  • Kemudian, Keluarga penyandang disabilitas atau lansia menerima Rp2,4 juta.
  • Dukungan BPNT adalah Rp 200.000 per bulan.

Cara Cek Bantuan Pemerintah 2022 PKH di https://cekbansos.kemensos.go.id

Bagi Anda yang ingin memverifikasi apakah anda mendapatkan bantuan tersebut atau tidak anda bisa melakukan verifikasi di link web pemerintah berikut https://cekbansos.kemensos.go.id, lalu lakukan Langkah Langkah berikut:

  1. Ketik provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan tempat anda tinggal
  2. Lalu ketik nama penerima manfaat sesuai KTP
  3. Selanjutnya, masukkan kode verifikasi 8 huruf dalam kolom
  4. Kemudian, Jika huruf kode tidak terbaca, klik ikon refresh untuk mendapatkan huruf kode baru untuk verifikasi.
  5. Terakhir, klik tombol cari data.
Info Lainnya :  Akselerasi Vaksinasi Covid-19 oleh Binda NTB Disambut Antusiasme Masyarakat Dompu

BLT Dana Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Miskin dan Peralihan Tertinggal (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, penyaluran penggunaan dana desa (DD) 2022 oleh pemerintah pusat. Dia mengatakan pemerintah pusat telah memberikan patokan untuk penggunaanya.

“Sekitar 40% dana desa langsung masuk ke bantuan tunai (BLT), dan sisanya 60% bisa digunakan sebagai program pemberdayaan masyarakat desa,” kata Abdul Halim. Besaran bantuan untuk keluarga desa sebesar Rp 300.000 per bulan dalam bentuk tunai per rumah tangga penerima manfaat (KPM).

Menurut Abdul Halim, perubahan persentase uang dana desa yang dibelanjakan untuk BLT 2022 sudah tepat. Kebijakan ini diklaim dapat mengurangi dampak negatif wabah Covid-19 terhadap warga desa dan mempercepat penyelesaian pengobatan kemiskinan desa.

Cara Cek Daftar penerima BLT Dana Desa 2022

Jika anda ingin mengetahui apakah anda terdaftar sebagai penerima bantuan, anda bisa melakukannya dengan cara cek BLT Dana Desa dibawah ini:

  • Yang pertama harus anda lakukan adalah mengunjungi situs pemerintah di sid.kemendesa.go.id.
  • Selanjutnya anda bisa memilih pencarian data desa melalui nama desa yang sesuai dengan daerah anda.
  • Ketik nama desa pada kolom yang tersedia dan klik enter.
  • Kemudian akan muncul nama desa, lalu pada bagian menu silahkan pilih BLT Dana Desa.
  • Setelah itu akan terlihat daftar penerima BLT Dana Desa pada halaman tersebut.

Mekanisme Pencairan Bantuan Pemerintah 2022 BLT Dana Desa

Jika anda terdaftar sebagai penerima bantuan BLT Dana Desa anda akan mendapat surat undangan/pemberitahuan dari kantor kelurahan tempat anda tinggal. Surat tersebut menunjukkan tempat dan waktu yang harus anda datangi untuk mengambil dana BLT Dana Desa.

Info Lainnya :  Tips dan Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Dan apa saja yang harus anda siapkan untuk keperluan pengambilan bantuan? Yang pertama adalah anda menunjukkan surat undangan, E-KTP dan Kartu Keluarga (KK) asli lengkap beserta fotokopinya, jadi, pastikan anda siap dengan dokumen yang diperlukan saat anda mengambil bantuan BLT Dana Desa

Cara Daftar BLT Dana Desa 2022

Bagaimana caranya agar mendapat bantuan BLT Dana Desa? Pertama pastikan anda belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah, selanjutnya anda haru memenuhi beberapa syarat yang pemerintah tetapkan, Berikut Syaratnya:

  • Memiliki KTP sesuai dengan domisili di desa tempat BLT Dana Desa disalurkan.
  • Terdaftar di RT termasuk sebagai warga miskin dengan pendapatan kurang dari Rp 500.000 / bulan.
  • Tidak menerima bantuan pemerintah lainnya seperti PKH, BPNT, BST atau Kartu Pra Kerja.
  • Kehilangan pekerjaan akibat Covid-19.
  • Memiliki keluarga yang sakit kronis.

Selanjutnya pendaftaran akan dilakukan oleh relawan desa yang telah diberikan surat tugas dari kepala desa, RT atau RW. Tentunya jika syarat diatas terpenuhi. Lalu dokumen yang dikumpulkan relawan desa akan divalidasi dan diputuskan dalam musyawarah desa sebagai penerima BLT Dana Desa.

Jika dokumen calon penerima bantuan sudah ditetapkan maka selanjutnya dokumen tersebut akan disahkan dan ditandatangani oleh kepala desa dan BPD (Badan Pemusyawaratan Desa) di berita acara musyawarah desa.

Terahkir dokumen yang sudah di tandatangani oleh pemerintah desa selanjutnya akan disampaikan kepada Bupati atau Walikota untuk disahkan. Kemudian kepala desa akan mengeluarkan surat undangan dan pemberitahuan kepada penerima bantuan.

Bagaimana, Cukup sederhana bukan pendaftarannya?

Melalui cara cek BLT Dana Desa online, tentunya akan memudahkan Anda untuk melakukan verifikasi secara mandiri. Anda juga bisa dengan mudah mengetahui apakah termasuk dalam daftar penerima bantuan BLT Dana Desa atau tidak.

Info Lainnya :  Mengenal Ekonomi Kreatif : Pengertian, Konsep, Jenis dan Cirinya

Kartu Prakerja

Program kartu prakerja akan dilanjutkan pada 2022 sebagaimana dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlanga Hartarto. Dimulainya gelombang ke-23, atau kelanjutan dari program 2021, dijadwalkan pada Februari. 2022.

Pihaknya mengatakan pembukaan angkatan ke-23, setelah rapat panitia, kemungkinan akan dimulai pada bulan kedua tahun depan. “Tentunya akhir atau awal Februari akan kami umumkan tentang kapan Gelombang 23 akan dimulai,” kata Airlangga.

Jumlah penerima kartu prakerja pada 2022 sekitar 3 hingga 4,5 juta. Sebelumnya, Airlangga menyatakan bahwa program pelatihan pra kerja yang diperkenalkan pada 2022, pelatihan dukungan kuasi sosial, tetap sama. Pelatihan dilakukan secara online selama pandemi Covid-19. Namun mulai tahun depan, pihaknya akan memberikan pelatihan tatap muka atau offline jika situasi wabah membaik.

Lalu bagaimana dengan syarat daftar Kartu Prakerja 2022?

Berikut Syarat yang harus anda penuhi untuk pendaftaran Program Kartu Prakerja berdasarkan Pembukaan Gelambang sebelumnya di laman www.prakerja.go.id

  • Warga negara Indonesia (WNI)
  • Calon peserta Prakerja minimal berusia 18 tahun
  • Selanjutnya, Calon peserta Prakerja tidak sedang menjalani pendidikan formal
  • Kemudian, Calon peserta Prakerja sedang mencari kerja atau pekerja/buruh terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  • Lalu, Calon peserta bukan penerima bantuan sosial (bansos) lainnya dari pemerintah selama Covid-19
  • Maksimal hanya 2 NIK yang di perbolehkan ikut dalam Program Kartu Prakerja

Dengan informasi yang nakula.id berikan semoga memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan secara mandiri. Anda bisa dengan mudah mengetahui apakah termasuk dalam daftar penerima bantuan atau tidak dan juga memudahkan anda dalammenindaklanjuti tentang adanya bantuan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.